PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN YOGYAKARTA

Muhammad Faqih Trisnandy, NIM.: 19104010103 (2023) PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN YOGYAKARTA)
19104010103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 10 SLEMAN YOGYAKARTA)
19104010103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti melaksanakan penelitian mengenai pembinaan akhlak yang berada di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Sekolah ini memiliki motto “MEMBAHANA” yaitu meraih Prestasi, Mandiri, Bertanggung jawab, Agamis, Hebat, dan mendunia”. MTsN 10 Sleman merupakan madrasah yang memiiki prestasi yang baik, yang dibuktikan dengan banyaknya perolehan prestasi oleh siswa maupun dari pengajarnya. Madrasah ini mengajarkan peserta didiknya untuk meraih prestasi dan memberikan kesempatan kepada peserta didiknya agar satu orang harus memiliki satu prestasi dan memiliki akhaqul karimah dengan agenda-agenda yang sudah ditetapkan dengan harapan peserta didik menjadi sesuai dengan tujuan madrasah tersebut. Sehingga Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman ini dapat menjadi panutan bagi sekolah-sekolah lain dan menjadi role model bagi pendidikan di sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumen. Dengan metode ini kita bisa mencari informasi yang akan kami teliti di dalam lembaga pendidikan Marasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendalami bagaimana pelaksanaan dan pembinaan akhlak terhadap peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta. Adapun hasil yang akan di paparkan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta seperti kegiatan-kegiatan pembiasaan yaitu sholat dhuha, literasi, pembacaan Al-Qur’an, pelatiah membaca Al-Qur’a, Ekstrakulikuler, pemberian teladan yang baik dan lainnya, mencari faktor-apa saja yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan akhlak peserta didik seperti faktor penghambat dan faktor pendukung seperti kerjasama antar guru dan karyawan, evaluasi, pendekatan sosial kepada peserta didik dan lain-lain, serta hasil yang sudah di capai oleh pelaksanaan pembinaan akhlak di madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta seperti banyaknya prestasi yang di dapatkan peserta didik dan perilaku peserta didik kepada guru, orang tua, dan ke sesama peserta didik lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Pembinaan Akhlak, Akhlak Peserta Didik, Pelaksanaan Pembinaan Akhlak Peserta Didik, Pendidikan Akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:28
Last Modified: 11 Oct 2023 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum