ANALISIS HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI 5 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fani da Susilowardani, NIM.: 19104010121 (2023) ANALISIS HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI 5 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI 5 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HOTS PADA SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI 5 BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui k ualitas dan presentase HOTS pada soal Penilaian Akhir Semester Akidah Akhlak kelas VIII MTs N 5 Bantul menggunakan analisis telaah soal yang berdasar pada karakteristik Higher Order Thinking Skill ( HOTS). Karakteristik Higher Order Thinking Skill (HOTS) y ang digunakan untuk menganalisis soal adalah faktor stimulus yang mendukung, stimulus yang menarik dan kontekstual serta penggunaan level kognitif C4, C5 dan C6. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif analisis. Pengumpulan data menggu nakan wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber a nalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dari analisis standar soal PAS berdasarkan standar soal pilihan gandanya diketahui bahwa 35 soal masih belum sesuai dengan kisi kisi soal, sedangnya 15 soal lainnya sudah sesuai. Dari hasil analisis berdasarkan karakteristik HOTS yang dilakukan peneliti pada soal Penilaian Akhir Sem ester Akidah Akhlak MTs N 5 Bantul diketahui terdapat 37 soal yang termasuk L OTS Low er Order Thinking Skill) dan 13 soal yang termasuk H OTS Higher Order Thinking Skill) Skill). 2) Per sentase soal dalam kategori tingkat berpikir ranah kognitif adalah sebanyak 74% dari soal termasuk kategori LOTS Lower Order Thinking Skill ) dan sebanyak 26% dari soal termasuk kategori HOTS Higher Order Thinking Skill ) Diketahui bahwa soal PAS Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 5 Bantul dominan pada kategori tingkatan kema mpuan berpikir tingkat rendah atau LOTS Lower Order Thinking Skill ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S. Ag., S.Psi., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Soal Higher Order Thinking Skill , Penilaian Akhir Semester , Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 15:06
Last Modified: 11 Oct 2023 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61149

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum