PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 5 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dianda Nur Istiqomah, NIM.: 1910401012 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 5 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 5 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VII MTS NEGERI 5 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah terdapat hasil belajar Fikih yang kurang memuaskan di MTs Negeri 5 Bantul, salah satu faktor penyebabnya adalah karena kondisi kelas kurang kundusif. Pendidik berupaya menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik sesuai dengan karakter peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar Fikih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media video pembelajaran animasi berpengaruh terhadap hasil belajar Fikih peserta didik dan berapa besar pengaruh tersebut dibandingkan kelas yang diajarkan dengan metode konvensional. Penelitian ini menggunakan penelitian Quasi experiment method. Metode dengan desain pre-post eksperimen-kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode test dengan instrumen soal-soal Fikih sesuai materi kelas VII. Test yang digunakan berupa test pilihan ganda pada pretest dan postest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknis analisis data menggunakan metode paired t test SPSS 21 dan N-gain. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar Fikih pada siswa kelas VII di MTs Negeri 5 Bantul. Ini ditunjukkan dari hasil analisis uji paired t test SPSS 21 kelas eksperimen sebagai kelas yang diberi perlakuan berupa penerapan media pembelajaran video animasi dengan nilai t = -9,715 nilai signifikansi p sebesar 0,000 dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional dengan nilai t = -8,903 dan nilai signifikasi 0,000 (0,000<0,05). Berdasarkan Uji N-gain diperoleh peningkatan rata-rata kelas eksperimen sebesar 69,9% artinya termasuk kategori pembelajaran cukup efektif sedangkan kelas kontrol sebesar 51,8% termasuk dalam kategori pembelajaran kurang efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi lebih berpengaruh dari pada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar Fikih peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari S.Pd M.Hum
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Fikih, Media Pembelajaran, Video Animasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 15:13
Last Modified: 11 Oct 2023 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61150

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum