PENERAPAN STRATEGI OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH DAN AL ADAB KELAS III DI SD ISLAM DARUL FALAH TAMBAK BANYUMAS JAWA TENGAH

Milatika Luthfi Fadhila, NIM.: 19104010139 (2023) PENERAPAN STRATEGI OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH DAN AL ADAB KELAS III DI SD ISLAM DARUL FALAH TAMBAK BANYUMAS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH DAN AL ADAB KELAS III DI SD ISLAM DARUL FALAH TAMBAK BANYUMAS JAWA TENGAH)
19104010139_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI OUTING CLASS PADA PEMBELAJARAN AQIDAH DAN AL ADAB KELAS III DI SD ISLAM DARUL FALAH TAMBAK BANYUMAS JAWA TENGAH)
19104010139_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok dan paling mendasar dalam peradaban kehidupan manusia. Melalui pendidikan, manusia dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya, merubah akhlak, watak, tabiat, dan juga perilaku yang buruk menjadi manusia yang berakhlak mulia sesuai dengan syariat Islam maupun sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Untuk mendapatkan tujuan pendidikan tentunya perlu perencanaan rangkaian kegiatan, hal itu dapat dicapai dengan menerapkan strategi pembelajaran. SD Islam Darul Falah menerapkan salah satu strategi pembelajaran yang diyakini sangat efektif untuk mendapatkan tujuan pendidikan, strategi tersebut adalah strategi outing class atau sering disebut dengan belajar di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data terkait pelaksanaan penerapan strategi outing class pada pembelajaran aqidah dan al adab, dampak penerapan strategi outing class terhadap pembelajaran aqidah dan al adab siswa, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi outing class dalam pembelajaran aqidah dan al adab siswa kelas III SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di SD Islam Darul Falah Tambak Banyumas Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III, guru aqidah dan al adab (wali kelas) dan kepala sekolah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara yang diuji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan teknis analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan penerapan strategi outing class pada pembelajaran aqidah dan al adab disesuaikan dengan tema pelajaran dan dikombinasikan dengan pelajaran lain yang sesuai temanya. Segala kebutuhan yang diperlukan untuk pembelajaran outing class disiapkan sejak awal bulan yang ditetapkan dari adanya coaching pada setiap hari Sabtu; 2) Adanya beberapa dampak yang ditimbulkan dari penerapan strategi outing class terhadap pembelajaran aqidah dan al adab siswa; 3) Terlaksananya strategi outing class dalam pembelajaran aqidah dan al adab menemukan banyak faktor pendukung dan penghambat serta beberapa tantangan untuk guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Outing Class, Pembelajaran Aqidah, Al Adab
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:24
Last Modified: 12 Oct 2023 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum