TINJAUAN FONETIK ATAS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA DI MTs NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/ 2024

Ardia Nur Fadhila, NIM.: 19104020028 (2023) TINJAUAN FONETIK ATAS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AH SISWA DI MTs NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/ 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN FONETIK ATAS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRĀ’AH SISWA DI MTs NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/ 2024)
19104020028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN FONETIK ATAS KESALAHAN FONOLOGI DALAM PEMBELAJARAN QIRĀ’AH SISWA DI MTs NEGERI 10 SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/ 2024)
19104020028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa MTsN 10 Sleman dalam melafalkan teks Arab sesuai dengan kaidah makhārijul hurūf, serta masih terbata-bata ketika membaca teks Arab. Penelitian ini berupaya untuk mendeskripsikan prosedur dan bentuk kesalahan fonologi siswa serta faktor penyebab dan solusi untuk meminimalisasi kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes lisan, dan dokumentasi. Objek utama dalam penelitian ini adalah kesalahan fonologi yang dilakukan oleh siswa MTsN 10 Sleman. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk dan reliabilitas Alpha Crocbach’s. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, data reduction, data display, dan conclusion. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam prosedur analisis kesalahan fonologi dalam pembelajaran qira’ah yang meliputi klasifikasi kesalahan, pemilihan korpus bahasa, identifikasi kesalahan, klasifikasi dan penjelasan kesalahan, serta evaluasi kesalahan. Peneliti juga menemukan kesalahan bacaan siswa dari aspek fonologi yaitu kesalahan dalam hal panjang pendeknya vokal, ta sydid dan al yang tidak dibaca, serta pelafalan huruf ( خخ) yang dibaca حح), huruf ش ) yang dibaca سس), huruf طط) yang dibaca ( تت), huruf ذ ) yang dibaca دد), huruf عع) yang dibaca أأ), huruf حح) yang dibaca ه ), pelafalan huruf غ ) yang dibaca خخ), huruf ( ذذ) yang dibaca ( زز), huruf ثث) yang dibaca س ), huruf ظظ) yang dibaca طط), dan pelafalan huruf ( غغ) yang dibaca عع). Faktor penyebab kesalahan berbahasa berasal dari latar belakan g siswa dari SD dan hanya sedikit yang mengikuti TPA, minimnya seman gat belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya dukungan dari pihak keluarga dan kemajuan teknologi yang membuat siswa menjadi malas. Upaya guru untuk meminimalisasi kesalahan tersebut adalah dengan melakukan pendampingan membaca kitab iqra’iqra’, melakukan kontrol secara kontinu, dan pembiasaan murāja’ah pagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Fonetik, Analisis Kesalahan, Fonologi, Qirā’ah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:44
Last Modified: 12 Oct 2023 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum