EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM TAHUN AKADEMIK 2022-2023

Budi Pratama, NIM.: 19104020004 (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM TAHUN AKADEMIK 2022-2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM TAHUN AKADEMIK 2022-2023)
19104020004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IV DI MI AL-MA’HAD AN-NUR NGRUKEM TAHUN AKADEMIK 2022-2023)
19104020004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pelajaran bahasa Arab kelas IV di MI Al-Ma’had An-Nur Ngrukem tahun akademik 2022-2023. Penelitian ini jenis eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV A, B dan C di MI Al-Ma’had An-Nur Ngrukem. Sedangkan sampel penelitian ini adalah kelas IV A dan B dengan masing-masing kelas terdiri dari 21 siswa. Sampel dalam penelitian ini diterapkan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test yang dihitung melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,05 dan kelas kontrol sebesar 64,05 sesuai dengan hasil uji independent sample t-test. Sedangkan berdasarkan hasil uji N-Gain Score dengan hasil kelas eksperimen sebesar 57% masuk kategori cukup efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar 23% masuk kategori tidak efektif. Sehingga berdasarkan hasil tersebut model Contextual Teaching and Learning (CTL) berkategori cukup efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq., S.Pd.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning (CTL), Pembelajaran Bahasa Arab, Model Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:27
Last Modified: 12 Oct 2023 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum