EFEKTIVITAS MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MI MA’ARIF SAMBENG KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Khairul Abdillah Harahap, NIM.: 19104020009 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MI MA’ARIF SAMBENG KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MI MA’ARIF SAMBENG KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN MENGHAFAL KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA MI MA’ARIF SAMBENG KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media Flipchart terhadap keterampilan menghafal kosakata bahasa arab MI Ma’arif Sambeng dan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab MI Ma'arif Sambeng berbeda antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan media Flipchart dan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang sesuai dengan jenis penelitian eksperimen. Studi ini melibatkan 22 siswa MI Ma'arif Sambeng kelas III. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji paired sample T test dan uji independent sample T test sebagai uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan efektivitas media Flipchart terhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab siswa Mi Ma’arif Sambeng. Ini ditunjukkan oleh nilai signifikan pada uji paired sample T test mendapatkan nilai 0,000 < 0,05. Uji sampel ganda T mendapatkan nilai 0,000 < 0,05, dan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan Flipchart berbeda dengan siswa yang diajarkan tanpa media pada pelajaran Bahasa Arab. Ini ditunjukkan dengan nilai signifikan pada uji independent sample T test, yaitu 0,006 < 0,05. dengan perbedaan rata-rata 83,64 untuk kelas eksperimen dan 68,36 untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Flipchart, Keterampilan Menghafal Kosakata, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:30
Last Modified: 12 Oct 2023 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum