PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS NU 14 KALIGADING KENDAL TAHUN AJARAN 2022/2023

Rana Musa Paradisiaka, NIM.: 19104020037 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS NU 14 KALIGADING KENDAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS NU 14 KALIGADING KENDAL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTS NU 14 KALIGADING KENDAL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bahasa arab di sekolah seringkali hanya menggunakan metode dan media pembelajaran konvensional dan jarang menggunakan media lain sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Flipbook terhadap hasil belajar kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTs NU 14 Kaligading Kendal dan mengetahui kendala yang dihadapi pada saat menggunakan media flipbook dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs NU 14 Kaligading yang berjumlah 40 orang. Sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan menjadi sampel. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Uji hipotesis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji paired sample T test dan uji independent sampel T test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media Flipbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Arab siswa MTs NU 14 Kaligading. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan pada uji paired sample T test mendapatkan nilai 0,000 < 0,05. Maka dapat diketahui terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran flipbook terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs NU 14 Kaligading Kendal. 2) kurangnya kesadaran dan motivasi peserta didik untuk belajar bahasa arab dan belajar di luar jam pelajaran sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Media Flip Book, Hasil Belajar, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:02
Last Modified: 12 Oct 2023 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum