ANALISIS BUKU FUN LEARNING “ JAGO BAHASA ARAB BASIC 1” KARYA MUHAMMAD IHSAN DAN YUNI SETYAWATI (TINJAUAN KELAYAKAN ISI , PENYAJIAN, BAHASA DAN GRAFIKA) TAHUN AJARAN 2022/2023

Rianda Ayu Ritnaning Tias, NIM.: 19104020068 (2023) ANALISIS BUKU FUN LEARNING “ JAGO BAHASA ARAB BASIC 1” KARYA MUHAMMAD IHSAN DAN YUNI SETYAWATI (TINJAUAN KELAYAKAN ISI , PENYAJIAN, BAHASA DAN GRAFIKA) TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU FUN LEARNING “ JAGO BAHASA ARAB BASIC 1” KARYA MUHAMMAD IHSAN DAN YUNI SETYAWATI (TINJAUAN KELAYAKAN ISI , PENYAJIAN, BAHASA DAN GRAFIKA) TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU FUN LEARNING “ JAGO BAHASA ARAB BASIC 1” KARYA MUHAMMAD IHSAN DAN YUNI SETYAWATI (TINJAUAN KELAYAKAN ISI , PENYAJIAN, BAHASA DAN GRAFIKA) TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian Buku Fun Learning Jago Bahasa Arab Basic 1 berdasarkan kriteria penilaian isi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pada Buku Fun Leraning Jago Bahasa Arab Basic 1. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library reserch). Objek penelitiannya itu buku Fun Learning Jago Bahasa Arab Basic 1 Karya Muhammad Ihsan dan Yuni Setyawati. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tahap analisis dilakukan sebagai berikut: 1). Mengkategorikan data berdasar rumusan masalah, 2). Mengklasifikasi data berdasarkan kriteria yang ditentukan sesuai rumusan masalah, 3). Menarik kesimpulan dari data yang diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan 1). Rata-rata skor kelayakan isi 3,41. Materi sudah memuat semua pokok bahasan yang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Namun belum mendorong peserta didik untuk mencari informasi lebih lanjut. 2). Kelayakan penyajian 3,22. Penyajian materi sudah memuat pembangkit motivasi, pendahulu, dan isi. Namun bagian pendahulu dan penyudah buku belum lengkap. 3). Kelayakan bahasa 3,41. Materi sudah disajikan dengan yang sederhana dan menarik sesuai dengan tingkat intelektual peserta didik. Namun masih terdapat ketidak tepatan kaidah bahasa. 4). Kelayakan kegrafikan 3,76. Ukuran buku masih terlalu besar, namun segi ilustrasi tampilan, tata letak, dan penggunaan huruf sudah sesuai. Sehingga buku ini sudah memenuhi kriteria standar penilaian kelayakan buku teks yang baik dari segi kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan grafika. Keruntutan dan keterpaduan materi antar bab sudah bagus dan sesuai. Namun tingkat kerumitan latihan soal yang disajikan belum sesuai dengan konsep penyajian sederhana ke kompleks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Buku Fun Learning, Tinjauan Kelayakan, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:14
Last Modified: 12 Oct 2023 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61175

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum