PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU BAHASA ARAB DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022/2023

Nada Fikriyani Alfawaz, NIM.: 19104020073 (2023) PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU BAHASA ARAB DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU BAHASA ARAB DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022/2023)
19104020073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) GURU BAHASA ARAB DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022/2023)
19104020073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum optimalnya pengembangan keprofesian yang dilakukan oleh guru sehingga menjadi salah satu sebab rendahnya mutu pendidikan. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan kegiatan/program pengembangan Keprofesian berkelanjutan agar dapat meningkatkan dan mengembangkan profesionalisme guru. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) yang dilaksanakan oleh guru bahasa Arab merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru mapel bahasa Arab dalam upaya menjadi guru bahasa Arab yang professional. Kegiatan PKB yang dilaksanakan oleh guru bahasa Arab merupakan bentuk upaya yang dilakukan agar menjadi guru bahasa arab yang professional dan yang ideal. Metode yang digunakan dalam kajian ini yakni penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang (1) Bagaimana upaya yang dilakukan guru bahasa arab untuk meningkatkan Pengembangan keprofesian Berkelanjutannya. (2) Bagaimana hambatan yang dihadapi dalam kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru bahasa Arab di Kota Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan pada unsur pengembangan diri yang dilakukan oleh guru bahasa Arab lebih banyak direalisasikan dibanding unsur publikasi ilmiah dan karya inovatif. Hambatan bagi guru bahasa Arab dalam melaksanakan pengembangan keprofesian berkelanjutan yaitu waktu dan kurangnya motivasi atau kemauan untuk melakukan komponen kegiatan PKB secara maksimal. Idealnya guru bahasa arab melaksanakan komponen pengembangan keprofesian berkelanjutan secara optimal yang diharapkan bisa meningkatkan kompetensi guru sehingga bisa berdampak pada pelayanan pendidikan, khususnya di Kota Yogyakarta, dan pihak madrasah supaya melanjutkan program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Hapsari Paradnya Paramitta, M. Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Guru, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:16
Last Modified: 12 Oct 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum