PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN AL KITABAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N EGERI 6 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Salma, NIM.: 19104020081 (2023) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN AL KITABAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N EGERI 6 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN AL KIT Ā BAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N EGERI 6 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS POWER POINT UNTUK PEMBELAJARAN AL KIT Ā BAH PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N EGERI 6 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya antusias dan minat peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada pembelajaran Al-Kitābah. Sehingga salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menggunakan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat, serta mengetahui kekurangan dan kelebihan dari penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis power point untuk pembelajaran Al-Kitābah pada peserta didik kelas VIII MTs Negeri 6 Bantul. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder yang diperoleh untuk mendapatkan dokumen tentang madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan model Miles and Huberman yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni: 1) Proses pembelajaran al-kitābah menggunakan media pembelajaran audio visual berbasis power point menarik antusias peserta didik. 2) Faktor pendukung pada penggunaan media ini adalah ketersediaan sarana yang cukup lengkap, sedangkan faktor penghambat dalam penggunaan media pembelajaran ini adalah keterbatasan waktu, sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang maksimal. 3) Kelebihan dari penggunaan media pembelajaran ini adalah dapat memberikan stimulus atau respon positif dari peserta didik, namun memerlukan waktu lebih banyak ketika menggunakan media pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Power Point, Al-Kitabah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:24
Last Modified: 12 Oct 2023 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61179

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum