EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA LAGU BAHASA ARAB FUSHA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN ISTIMA’ SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SANDEN TAHUN 2023

Mhd. Iqbal Hasibuan, NIM.: 19104020085 (2023) EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA LAGU BAHASA ARAB FUSHA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN ISTIMA’ SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SANDEN TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA LAGU BAHASA ARAB FUṢḤA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN ISTIMA’ SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SANDEN TAHUN 2023)
19104020085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN MEDIA LAGU BAHASA ARAB FUṢḤA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN ISTIMA’ SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH SANDEN TAHUN 2023)
19104020085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Sanden dengan menggunakan eksperimen media lagu bahasa Arab Fuṣḥa; mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab menggunakan media lagu bahasa Arab Fuṣḥa dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan kepada semua pihak yang berkecimpung di pembelajaran bahasa Arab umumnya, dan khususnya MTs Muhammadiyah Sanden sendiri sebagai tempat dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini merupakan eksperimen yang menggunakan media lagu bahasa Arab Fuṣḥa sebagai acuan pengklarifikasian keterampilan yang dimiliki oleh siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Sanden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yakni true eskperimental; yang melibatkan kelompok eksperimen kelas VII A dan kelompok kontrol kelas VII B. Selain itu juga jenis penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group design yang diperkuat dengan kisi-kisi instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media lagu bahasa Arab Fuṣḥa mampu meningkatkan keterampilan menyimak siswa dengan pembuktian hasil posttest siswa meningkat dibanding tanpa menggunakan lagu bahasa Fuṣḥa. Peningkatan keterampilan diukur dari hasil eksperimen namun menurut wawancara dengan informan penelitian ditemukan adanya kelebihan dari media lagu bahasa Arab Fuṣḥa yang dirasa lebih menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran serta terlepas dari teacher centre. Kekurangannya dilihat dari pendidikan siswa yang lulusan lembaga sebelum MTs yang lebih dulu mempelajari gramatikal bahasa Arab sehingga siswa lain yang tidak lulusan pesantren akan mempunyai potensi untuk mencontek jawaban yang ia tidak ketahui. Hasil penelitian eksperimen menggunakan media lagu bahasa Arab Fuṣḥa menunjukkan bahwa ada peningkatan pada kelas eksperimen yang dihasilkan dari nilai pretest kelas eksperimen memiliki 73 nilai maksimum dengan mean sebanyak 53,42 dan standar deviasi sebanyak 18,436. Untuk nilai posttest kelas eksperimen memiliki 73 nilai maksimum dengan mean 64,25 dan standar deviasi sebanyak 19,264. Lalu kelas kontrol memiliki nilai 100 maksimum dengan mean sebanyak 53,67 dan standar deviasi sebanyak 27,251. Untuk nilai posttest kelas kontrol memiliki 100 nilai maksimum dengan mean 55,33 dan standar deviasi sebanyak 24,209.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Umi Baroroh M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Eksperimen, Media Lagu, Bahasa Arab Fuṣḥa, Madrasah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:26
Last Modified: 12 Oct 2023 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum