PENGEMBANGAN AMPLOP MISTERI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA SISWA KELAS V MIN 2 BANTUL

Burdah Mahfudha, NIM.: 19104020088 (2023) PENGEMBANGAN AMPLOP MISTERI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN QIRA’AH PADA SISWA KELAS V MIN 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN AMPLOP MISTERI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS V MIN 2 BANTUL)
19104020088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN AMPLOP MISTERI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN QIRĀ’AH PADA SISWA KELAS V MIN 2 BANTUL)
19104020088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya ketepatan dalam penggunaan metode pembelajaran serta kurangnya pemahaman siswa dalam mempelajari materi qirā’ah pada pembelajaran bahasa Arab menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Amplop Misteri sebagai media pembelajaran bahasa Arab terkhusus pada materi qirā’ah, mengetahui kelayakan media amplop misteri dan kepraktisan media amplop misteri dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VA MIN 2 Bantul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Tahapan pengembangan terdiri dari Analisis, Disain, dan tahap Development (Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba pemakaian produk dilakukan pada 29 siswa kelas VA MIN 2 Bantul. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah instrumen uji kelayakan atau angket validasi ahli materi dan angket validasi ahli media, serta instrumen pengujian kepraktisan adalah angket respon siswa. Melihat hasil validasi dari kedua validator, media pembelajaran yang telah direvisi berada pada kategori layak. Hal tersebut didasarkan pada penilaian ahli materi dengan skor presentase ideal 93% dan ahli media dengan skor presentase ideal 92%. Sedangkan penilaian tingkat kepraktisan pengembangan amplop misteri sebagai media pembelajaran memiliki kategori praktis dengan memperoleh skor presentase ideal 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Amplop Misteri, Media Pembelajaran, Penelitian dan Pengembangan, Qira’ah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:31
Last Modified: 12 Oct 2023 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum