TANTANGAN DAN INOVASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI (STUDI KOMPARASI SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA DAN SMP DIPONEGORO DEPOK TA 2021/2022)

Arum Triasning Prastiwi, NIM.: 19204020013 (2023) TANTANGAN DAN INOVASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI (STUDI KOMPARASI SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA DAN SMP DIPONEGORO DEPOK TA 2021/2022). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TANTANGAN DAN INOVASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI (STUDI KOMPARASI SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA DAN SMP DIPONEGORO DEPOK TA 2021/2022))
19204020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TANTANGAN DAN INOVASI METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MASA PANDEMI (STUDI KOMPARASI SMP ISLAM AL AZHAR 26 YOGYAKARTA DAN SMP DIPONEGORO DEPOK TA 2021/2022))
19204020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh daya tarik dari kedua sekolah yaitu SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta dan SMP Diponegoro Depok sebagai sekolah berbasis Islam yang menggunakan kemajuan teknologi dalam kesusksesan belajar, termasuk pembelajaran bahasa Arab, keduanya memiliki murid yang tinggal di Asrama dan pulang ke rumah, hal ini yang menjadi keunikan dari kedua sekolah tersebut. Tidak hanya materinya (buku atau modul) saja yang berbeda, pasti dari segi metode dan media pengajaran juga berbeda. Metode dan media ini merupakan dalah satu faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan pembelajaran. Pembelajaran ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19 yang membuat banyak tantangan dan harus menciptakan inovasi pembelajaran terbaik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian dengan menggunakan data-data yang tidak dapat diukur dengan angka secara pasti namun dalam penelitian ini juga dibantu dengan statistik untuk mengolah data yang berupa angka. Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan tantangan, inovasi, kekurangan dan kelebihan dalam pemilihan metode dan media yang digunakan saat pembelajaran bahasa Arab di masa pandemi. Selain itu penelitian ini bertujuan memberikan analisis pembelajaran bahasa Arab berbasis online yang bisa dilaksakana tanpa batas ruang dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) tantangan metode dan media dalam pembelajaran bahasa Arab saat pandemi ini adalah pengkondisian siswa 2) inovasi yang muncul dengan adanya pandemic ini adalah kreatifitas guru yang meningkat saat pembelajaran. 3) kelebihan pembelajaran dengan metode dan media saat pandemi ini adalah mudahnya pembelajaran tanpa batas ruang dan waktu. Kekurangannya adalah jam pelajaran terasa lebih singkat sehingga materi tidak tersampaikan secara keseluruhan. 4) penggunaan metode dan media saat pandemi ini efektif karena tujuan dari pembelajaran ini tercapai dengan baik dilihat dari nilai nilai Siswa saat PTS dan memberikan dampak positif siswa juga guru dilihat dari capaian anak saat ujian. 5) SMP Islam Al Azhar Yogyakarta lebih tinggi nilai nilai siswanya saat PTS dibandingkan dengan SMP Diponegoro Depok.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Bahasa Arab; tantangan; inovasi; Pembelajaran Online
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Oct 2023 15:12
Last Modified: 13 Oct 2023 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61222

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum