PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON MATERI TERMOKIMIA BERMUATAN EVERYDAY LIFE PHENOMENA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE

Dian Ajeng Anggraeni, NIM.: 19104060016 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON MATERI TERMOKIMIA BERMUATAN EVERYDAY LIFE PHENOMENA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON MATERI TERMOKIMIA BERMUATAN EVERYDAY LIFE PHENOMENA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE)
19104060016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO POWTOON MATERI TERMOKIMIA BERMUATAN EVERYDAY LIFE PHENOMENA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE)
19104060016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara online menyebabkan proses pembelajaran tidak berlangsung maksimal hingga terjadi fenomena learning loss. Fenomena learning loss ini ditandai dengan adanya penurunan prestasi belajar, minat belajar, dan meningkatnya kejenuhan siswa selama proses pembelajaran. Sehingga dibutuhkan media pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video animasi Powtoon pada materi termokimia yang bermuatan everyday life phenomena untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran online. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan dissemination. Produk dinilai dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas produk dan respon siswa. Hasil penilaian kualitas produk dari ahli materi sebesar 94.3% dengan kriteria sangat baik, ahli media sebesar 90% dengan kriteria sangat baik, dan reviewer sebesar 94.2% dengan kriteria sangat baik. Siswa SMA kelas XI memberikan respon positif terhadap produk yang dikembangkan dengan persentase sebesar 93%. Berdasarkan hasil penilaian, produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternative saat pembelajaran online pada materi termokimia dan mampu meningkatkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Everyday Life Phenomena, Pembelajaran Online, Termokimia, Video Animasi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:07
Last Modified: 13 Oct 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61232

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum