PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISPRING MATERI TATA SURYA KELAS VI MI/SD

Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh, NIM.: 19104080006 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISPRING MATERI TATA SURYA KELAS VI MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISPRING MATERI TATA SURYA KELAS VI MI/SD)
19104080006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ISPRING MATERI TATA SURYA KELAS VI MI/SD)
19104080006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa rendah, kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai proses belajar mengajar dan keinginan siswa dalam memperoleh pengalaman belajar yang bervariasi dengan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menawarkan media pembelajaran yang dapat digunakan guru dan siswa dalam menunjang proses belajar mengajar dirumah maupun disekolah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis Ispring materi tata surya kelas VI MI/SD, memperoleh kelayakan media pembelajaran IPA berbasis Ispring materi tata surya kelas VI MI/SD dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Ispring materi tata surya kelas VI MI/SD melalui uji terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dengan tahap define, design, development, dan dissemination. Intrumen penelitian berupa angket lembar validasi dengan pengukuran likert skala 5 untuk memperoleh penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media, Peer Reviewer, dan guru IPA. Untuk memperoleh penilaian keterbacaan respon siswa menggunakan angket lembar respon siswa menggunakan skala Guttman dengan respon Ya atau Tidak. Uji coba terbatas dilakukan kepada 10 siswa kelas VI MI Nurul Ulum. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian para ahli dijumlahkan untuk setiap kriteria penilaian kemudian dirata-ratakan untuk mendapatkan nilai kategori kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk yang telah berhasil dikembangkan menggunakan software Ispring Suite 11 berbentuk aplikasi Android yang dapat diakses dengan mudah melalui laptop atau PC dan gawai. (2) berdasarkan hasil penilaian oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media mendapat skor 84 dengan rata-rata skor 4,2 yang dikategorikan “Baik”. Penilaian oleh 3 Peer Reviewer mendapat skor 4,5 yang dikategorikan “Sangat Baik” dan penilaian Guru IPA dengan skor 4 yang dikategorikan “Baik”. (3) Respon Siswa terhadap media pembelajaran IPA berbasis Ispring memperoleh penilaian dengan persentase 98% dan termasuk dalam kategori “Positif” dan persentase positif seluruh siswa adalah 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis Ispring yang telah dikembangkan layak dan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembejaran IPA materi tata surya di MI/SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Ispring, Media Pembelajaran IPA, Pengembangan Pembelajaran, Tata Surya
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 11:31
Last Modified: 13 Oct 2023 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum