IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Arinal Haqqo, NIM.: 19104080011 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104080011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI IDENTIFIKASI KEBUTUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS I DI SLBN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104080011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi kurikulum merdeka melalui identifikasi kebutuhan belajar peserta didik kelas I di SLBN 1 Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka di SLBN 1 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, identifikasi kebutuhan belajar peserta didik kelas I di SLBN 1 Yogyakarta merupakan langkah penting untuk mewujudkan implementasi yang dapat berjalan dengan baik dari kurikulum Merdeka. Proses identifikasi ini memungkinkan pendidik untuk memahami kecenderungan belajar, minat, kemampuan, dan kebutuhan individu peserta didik kelas I di SLBN 1 Yogyakarta. Melalui identifikasi kebutuhan belajar, penelitian ini telah menggambarkan pentingnya penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan individu setiap peserta didik. Kedua, faktor pendukung implementasi kurikulum Merdeka diantaranya, sosialisasi kurikulum, kompetensi guru, peran orang tua, sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat implementasi kurikulum Merdeka diantaranya, kurangnya pelatihan dan pemahaman yang memadai tentang kurikulum Merdeka di kalangan beberapa guru, keterbatasan yang dimiliki peserta didik kelas I di SLBN 1 Yogyakarta, dan tidak ada partisipasi aktif dari pihak orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, SLB, Kebutuhan Belajar
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 11:35
Last Modified: 13 Oct 2023 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum