UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 MIN 3 BANTUL

Zakiyatul Fikriyah Nailal Muna, NIM.: 19104080021 (2023) UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 MIN 3 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 MIN 3 BANTUL)
19104080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU KELAS DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 1 MIN 3 BANTUL)
19104080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan membaca merupakan kemampuan yang digunakan untuk memahami informasi. Salah satu bagian kemampuan membaca adalah kemampuan membaca permulaan, pengajaran membaca permulaan akan diterapkan di kelas rendah. Kemampuan membaca permulaan akan menjadi tahap awal anak dalam membaca, pada tahapan ini siswa diajarkan untuk mengenal huruf melalui berbagai metode dan pembelajaran yang sesuai. Membaca permulaan merupakan dasar dari kegiatan pembelajan yang lain, sehingga penting bagi siswa untuk menguasai kemampuan membaca permulaan. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang kesulitan dalam mencapai hasil belajar karena belum lancar membaca, ditunjukkan dengan nilai yang masih rendah. Selain itu, juga ditemukan berbagai kesulitan membaca permulaan pada siswa dan kesalahan-kesalahan dalam membaca permulaan siswa. Dengan adanya hal tersebut dibutuhkan suatu upaya guru untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa sehingga siswa dapatlancar membaca. Adapun permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas 1A MIN 3 Bantul, (2) faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas 1A MIN 3 Bantul, (3) bagaimana upaya guru mengatasi kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa kelas 1A MIN 3 Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan urutan teknik analisis data berupa: 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; 3) Penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan membaca tersebut dikategorikan menjadi empat bagian yaitu: tidak lancar membaca, belum mampu menganalisis huruf, mengalami banyak kesalahan dalam membaca, mengallami kesulitan dalam pelafalan huruf ; 2) Faktor penyebab kesulitan membaca permulaan kelas 1A yakni faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal berasal dari dalam diri siswa berupa usia, mood, motivasi dan minat belajar. Sedangkan faktor eksternal yang merupakan faktor dari luar diri siswa berupa latar belakang keluarga dan lingkungan sosial siswa; 3) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan antara lain: menggunakan metode eja yang dipadukan dengan scrabble, memahami kondisi dan karakteristik kesulitan membaca permulaan yang dialami siswa, adanya kegiatan les dan literasi pagi yang disesuaikan dengan level membaca permulaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Guru Kelas, Anak Usia Sekolah Dasar, Kesulitan Membaca
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 13:31
Last Modified: 13 Oct 2023 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum