PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI TATA SURYA TERINTEGRASI AL-QURAN UNTUK SISWA KELAS VI MI/SD

Zain Nur Khusnaini, NIM.: 19104080037 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI TATA SURYA TERINTEGRASI AL-QURAN UNTUK SISWA KELAS VI MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI TATA SURYA TERINTEGRASI AL-QURAN UNTUK SISWA KELAS VI MI/SD)
19104080037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL MATERI TATA SURYA TERINTEGRASI AL-QURAN UNTUK SISWA KELAS VI MI/SD)
19104080037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu cara mewujudkan tujuan pendidikan nasional agar membentuk siswa yang seimbang antara iman, berilmu dan berkarakter yaitu dengan mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dengan agama. Begitu pun di sekolah naungan madrasah di mana nuansa Islam menjadi penting dan utama dihadirkan dalam pembelajaran umum dengan cara pengintegrasian. Salah satunya pada pembelajaran IPA. Berdasarkan hal tersebut perlu alat bantu atau media berbasis digital sesuai dengan perkembangan zaman serta memuat pengintegrasian agar menunjang tercapainya tujuan pendidikan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran E-Modul materi tata surya terintegrasi Al-Quran untuk siswa kelas VI MI/SD. Serta mengetahui bagaimana kelayakan media E-Modul yang dikembangkan berdasarkan validator, praktisi dan siswa kelas VI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development dengan model 4-D. Adapun tahapan pengembangan dengan model 4-D yakni: define, design, development, dan dissemination. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Angket yang digunakan dalam penilaian menggunakan 2 jenis yaitu sklala likert untuk penilaian ahli materi, media, bahasa, integrasi dan penilaian praktisi. Sedangkan respons siswa menggunakan skala Guttman. Uji coba terbatas dilakukan kepada 15 siswa kelas VI MI. Data yang diperoleh merupakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) media E-Modul materi tata surya terintegrasi Al-Quran dikembangkan melalui tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. (2) Hasil kelayakan E-Modul menunjukkan bahwa menurut ahli materi memperoleh persentase penilaian 81% pada kategori sangat baik. Penilaian dari ahli media memperoleh persentase penilaian 83% pada kategori sangat baik. Penilaian ahli bahasa memperoleh persentase penilaian 90% pada kategori sangat baik, begitu pun penilaian ahli integrasi memperoleh nilai persentase 81% pada kategori sangat baik. (3) Hasil penilaian dari praktisi mendapat penilaian pada kategori sangat baik pada skor persentase 97%. E-Modul yang dikembangkan juga mendapat respons positif dari siswa dengan skor persentase 95%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: H. Jauhar Hatta, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Media Pembelajaran, Materi Tata Surya, Integrasi Ayat Al-Quran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 13:41
Last Modified: 13 Oct 2023 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum