PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PROGRAM HAPPY SUNDAY DI MI WAHID HASYIM BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Hikmah Sholehatun, NIM.: 19104080038 (2023) PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PROGRAM HAPPY SUNDAY DI MI WAHID HASYIM BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PROGRAM HAPPY SUNDAY DI MI WAHID HASYIM BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
19104080038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA MELALUI PROGRAM HAPPY SUNDAY DI MI WAHID HASYIM BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA)
19104080038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pengembangan sikap percaya diri siswa melalui program happy Sunday di MI Wahid Hasyim Boarding School Yogyakarta dan menjelaskan faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan pengembangan sikap percaya diri siswa melalui program happy Sunday di MI Wahid Hasyim Boarding School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain penelitian yaitu studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Wahid Hasyim Boarding School Yogyakarta yang berjumlah 31 siswa dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Peneliti melakukan wawancara dengan kepala madrasah, pembina MI Wahid Hasyim Boarding School, pengampu program happy Sunday, pendamping program happy Sunday dan siswa MI Wahid Hasyim Boarding School. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu ada empat tahap penelitian: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dalam pelaksanaan pengembangan sikap percaya diri siswa melalui program happy Sunday di MI Wahid Hasyim Boarding School Yogyakarta terdapat dua tahap yaitu pra-pelaksanaan dan saat pelaksanaan. Pra-pelaksanaan mulai dari penentuan tema, penentuan kegiatan, penyowanan tema, mencari pendamping serta pengampu, melengkapi alat dan bahan, dan mengecek tempat yang akan digunakan dalam pelaksanaan program happy Sunday. Sedangkan untuk pelaksanaannya, program happy Sunday dilaksanakan setiap hari Minggu pukul 07.00-10.00 WIB dengan runtutan acara dimulai dengan bersih-bersih asrama, sarapan bersama, kegiatan inti, dan presentasi atau refleksi. Adanya pelaksanaan program happy Sunday di MI Wahid Hasyim Boarding School, secara tidak langsung menjadikan pengembangan sikap percaya diri siswa kearah yang lebih baik lagi. Hal ini dapat dilihat dari sebagian banyak siswa telah mengetahui tentang kemampuan yang ada didalam dirinya, baik kelebihan maupun kekurangan yang mereka miliki, mereka lebih berani mengungkapkan apa yang mereka rasakan serta lebih berani untuk mencoba hal-hal yang baru. Sikap percaya diri siswa dapat dilihat secara langsung dengan adanya keberanian para siswa untuk tampil di setiap event madrasah seperti tampil hadroh, menjadi MC sebuah acara, tampil membacakan puisi dan lain sebagainya. Faktor penghambat ada dua yaitu faktor eksternal berupa tidak adanya penjadwalan tema serta kegiatan apa yang akan dilakukan pada setiap pelaksanaannya, budget yang minimal, kurangnya tenaga pendamping, dan untuk faktor internal berupa mood para siswa yang tidak dapat diprediksi. Sedangkan untuk faktor pendukung dalam pelaksanaan pengembangan sikap percaya diri siswa melalui program happy Sunday di MI Wahid Hasyim Boarding School yaitu: lingkungan asrama (boarding school) yang dekat dengan madrasah, fasilitas yang memadai, pengampu yang ahli dibidangnya, semangat para siswa yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra Hj. Asnafiyah, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sikap Percaya Diri, Program Happy Sunday, MI Wahid Hasyim Boarding School
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 13:45
Last Modified: 13 Oct 2023 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61272

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum