PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMDIYAH TRUKAN GUNUNGKIDUL.

Adella Nur Azizah, NIM.: 19104080058 (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMDIYAH TRUKAN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMDIYAH TRUKAN GUNUNGKIDUL.)
19104080058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS MATERI TAJWID DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV MI MUHAMMDIYAH TRUKAN GUNUNGKIDUL.)
19104080058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu belum tersedianya media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam memahami materi tajwid dengan baik, Sehingga dengan adanya media pembelajaran tajwid berupa kartu flash card diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kartu flash card terhadap motivasi belajar tajwid. Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah Trukan Paliyan Gunungkidul dengan jumlah siswa 17 orang. jumlah sampel yang dugunakan ialah seluruh siswa kelas IV dengan menggunakan teori sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket kuisioner dan dokumentasi. Berdasrkan hasil pembahasan tentang media pembelajaran flash card dan motivasi belajar dan analisi data, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa: media pembelajaran flash card berpengaruh negatif dan siginikan terhadap motivasi belajar siswa MI Muhammadiyah Trukan. Besarnya sumbangan variabel media pembelajaran flash card terhadap motivasi belajar tajwid (Y) sebesar 0,511 x 100% = 51,1 % sedangkan 48,9% disebabkan oleh variabel di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Flash Card, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:14
Last Modified: 01 Nov 2023 15:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum