PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM HAFALAN AL-QURAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP IT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA

Imamatul Islamiyah, NIM: 19204020023 (2023) PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM HAFALAN AL-QURAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP IT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM HAFALAN AL-QURAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP IT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA)
19204020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PROFESIONALISME GURU DALAM HAFALAN AL-QURAN DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI SMP IT ABU BAKAR FULLDAY SCHOOL YOGYAKARTA)
19204020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran profesionalisme guru bahasa Arab, hafalan Al-Qur’an dan prestasi belajar bahasa Arab di SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode simple random sampling untuk Menentukkan siswa tahfidzul qur’an yang menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hafalan Al-Qur’an dan prestasi belajar bahasa Arab yang dimiliki oleh Siswa di SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta masing-masing dalam kategori yang tinggi dengan prosentase sebesar 38,89% atau 35 peserta didik dan 36,67% atau 33 peserta didik. Peran profesionalisme guru SMP IT Abu Bakar Fullday School Yogyakarta yang sedang dengan nilai prosentase 33,33% atau 30 responden. Peran profesionalisme guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hafalan Al-Qur’an, hal ini dibuktikan dengan nilai p values sebesar 0.002 < 0,05. Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Arab, hal ini dibuktikan dengan nilai p values sebesar 0.035 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hafalan Al-Qur’an; prestasi belajar bahasa Arab; peran profesionalisme guru.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 16 Oct 2023 14:43
Last Modified: 16 Oct 2023 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum