PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI MULTI-KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN, SMAN 1 KARANGMOJO DAN SMAN 1 WONOSARI)

Wakid Nur Salim, NIM.: 20204091012 (2023) PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI MULTI-KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN, SMAN 1 KARANGMOJO DAN SMAN 1 WONOSARI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI MULTI-KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN, SMAN 1 KARANGMOJO DAN SMAN 1 WONOSARI))
20204091012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH PENGGERAK (STUDI MULTI-KASUS DI SMA MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN, SMAN 1 KARANGMOJO DAN SMAN 1 WONOSARI))
20204091012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Satuan pendidikan, termasuk Sekolah Penggerak harus mengembangkan sumber daya manusia di sekolah untuk beradaptasi dengan menguasai kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan dampak pengembangan sumber daya manusia di Sekolah Penggerak. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Lapangan yang bersifat deskriptif-analitik dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin, SMAN 1 Karangmojo dan SMAN 1 Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan seluruh data, mereduksi data dan menarik kesimpulan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Al-Mujahidin, SMAN 1 Karangmojo dan SMAN 1 Wonosari. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses implementasi pengembangan sumber daya manusia di Sekolah Penggerak dilaksanakan dalam 5 tahapan yakni, a) perencanaan, b) penetapan standar kompetensi, c) suksesi dan rekrutmen, d) pelaksanaan dan e) evaluasi. Aspek yang dikembangkang pada pendidik meliputi pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berbasis literasi dan numerasi, pembelajaran P5 dan kompetensi TIK. Sedangkan aspek yang dikembangkan pada tenaga kependidikan meliputi perencanaan berbasis data, perencanaan berbasis asset dan kompetensi TIK. Adapun dampak pengembangan sumber daya manusia dikategorikan menjadi; a) dampak langsung meliputi SDM temotivasi dalam meningkatkan kompetensinya, metode pembelajaran yang bervariasi, peningkatan komunikasi antar pegawai dan peningkatan kompetensi bidang TIK dan b) dampak tidak langsung meliputi peningkatan kompetensi peserta didik dan peningkatan prestasi satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Manajeman Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Sekolah Penggerak, SDM
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S-2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:31
Last Modified: 17 Oct 2023 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum