PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PODCAST PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHARAH AL ISTIMA’) DI PESANTREN MAHASISWA KH. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA

Semaun Al Usman, NIM.: 21204021017 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PODCAST PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHARAH AL ISTIMA’) DI PESANTREN MAHASISWA KH. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PODCAST PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHĀRAH AL ISTIMĀ’) DI PESANTREN MAHASISWA KH. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
21204021017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PODCAST PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHĀRAH AL ISTIMĀ’) DI PESANTREN MAHASISWA KH. AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)
21204021017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) bagaimana desain Media Audio Visual Podcast Pembelajaran Bahasa Arab (Mahārah Al Istimā’) di Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan. (2) bagaimana hasil pengembangan dan efektifitas Media Audio Visual Podcast Pembelajaran Bahasa Arab (Mahārah Al Istimā’) di Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D), menggunakan pengembangan media dengan mengadaptasi model pengembangan Dick & Carey ADDIE (Analize, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpalan data berupa angket, obsevasi, dokumentasi, tes. Serta menganalisa hasil menggunakan IBM SPSS. Pengumpulan data dengan memberikan lembar validasi penilaian kepada ahli media, ahli materi, serta angket respon mahasantri. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Telah berhasil menghasilkan produk Media Audio Visual Podcast Pembelajaran Bahasa Arab (Mahārah Al Istimā’) di Pesantren Mahasiswa KH. Ahmad Dahlan. (1) Pengembangan Media Audio Visual podcast Pembelajaran Bahasa Arab (Mahārah Al Istimā’) dilakukan dengan menggunakan perangkat Adobe Primere pro dengan durasi produk 19.42 menit. (2) Produk Hasil Pengembangan Media Audio Visual Podcast Pembelajaran Bahasa Arab, dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini berdasarkan penilaian kelayakan dari kelas experimen dengan mendapatkan hasil 83,12% presentese ini masuk dalam kategori layak. Dengan dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan nilai R hitung lebih besar dari nilai R tabel sebesar 0.444, dengan jumlah responden 20 orang. Dan diketahui bahwa nilai Cronbach Alpha berada pada jumlah 0.873, dengan demikian jumlah tersebut lebih besar dari 0,60 sehingga seluruh butir soal pada uji reliabilitas dinyatakan bersifat reliabel dan dipercaya, sehingga data dapat digunakan. Uji normalitas untuk mengetahui nilai pretest dan postest berjalan normal, penilaian Shapiro-Wilk kepada 20 responden, maka mendapatkan hasil 0,106 (Berdistribusi normal). Uji Paired sample T-test menggunakan IBM SPSS 26. Nilai rata-rata sesudah menggunakan media sebesar 51.30 dengan standar deviasi 3.389. dibandingkan dengan sebelum menggunakan media, maka terdapat nilai 47.40 dengan standart deviasi 3.803. dan menunjukan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari 0.05. sehingga terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media. Dengan demikian status hipotesis Ha (Hipotesis Alternatif) diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., M.S.I
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Podcast Bahasa Arab, Maharah Al Istima’
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Oct 2023 09:27
Last Modified: 17 Oct 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum