PENGEMBANGAN MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) PADA PEMBELAJARAN AL-INSYA’ AL-TAHRIRIY

Faiqotussana, NIM: 21204021018 (2023) PENGEMBANGAN MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) PADA PEMBELAJARAN AL-INSYA’ AL-TAHRIRIY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) PADA PEMBELAJARAN AL-INSYĀ’ AL-TAḤRĪRIY)
21204021018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC) PADA PEMBELAJARAN AL-INSYĀ’ AL-TAḤRĪRIY)
21204021018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh adanya mata kuliah baru di program studi pendidikan bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga yaitu Al-Insya’ Al-Tahririy yang baru diajarkan kepada satu angkatan dan mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam hal menemukan alur berfikir dalam menulis sehingga butuh adanya pengembangan model pembelajaran yang lebih optimal. Hal ini juga didukung dengan data bahwa 95% mahasiswa PBA UIN Sunan Kalijaga kesulitan dengan pembelajaran Al-Insya’ Al-Tahririy dan 81% mahasiswa setuju dengan adanya pengembangan model VAK dalam pembelajaran Al-Insya’ Al-Tahririy. Oleh sebab itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil pengembangan model VAK (visualization auditory kinesthetic) pada mata kuliah Al-Insya’ Al-Tahririy di prodi PBA UIN Sunan Kalijaga; dan 2) Mengetahui respon mahasiswa dan dosen terhadap pengembangan model VAK (visualization auditory kinesthetic) pada mata kuliah Al-Insya’ Al-Tahririy di program studi di PBA UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) menggunakan model ADDIE. Pengujian kelayakan model dilakukan dengan meminta saran kepada dosen ahli desain pembelajaran, pengoreksian RPS dan juga buku panduan model. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Kemudian data yang berbentuk angka diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan bantuan software IBM SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pengembangan model VAK pada pembelajaran Al-Insyā’ Al-Taḥrīriy menghasilkan model pembelajaran baru yang diberi nama VAK Pintar. Pengembangan model ini mendapat nilai sangat baik untuk digunakan. Hal ini didukung oleh nilai validasi yang diberikan oleh para ahli. Diantaranya yaitu validasi desain pembelajaran memperoleh nilai sebesar 97%, validasi panduan model memperoleh nilai sebesar 88%, dan validasi RPS memperoleh nilai sebesar 88%. 2) Hasil respon mahasiswa menunjukkan sangat baik dengan tingkat kepuasan yang tinggi yaitu sebanyak 83%. Sedangkan respon pengguna produk yang dalam hal ini dosen pengampu mata kuliah memberi penilaian sangat baik pada model pembelajaran yang dikembangkan. Hal ini dibuktikan dengan pemberian nilai rata-rata 4,2 atau memperoleh presentase sebanyak 85%. Dengan demikian maka model VAK dalam pembelajaran Al-Insya’ Al-Tahririy di PBA UIN Sunan Kalijaga layak untuk diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, VAK, Al-Insyā’ Al-Taḥrīriy.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Oct 2023 09:27
Last Modified: 19 Oct 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61387

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum