STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DENGAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) (Studi Kasus: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Transportasi Bus Trans Jogja) PUTRI

Putri Sapira Rahmalina, NIM: 19106010032 (2023) STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DENGAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) (Studi Kasus: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Transportasi Bus Trans Jogja) PUTRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DENGAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) (Studi Kasus: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Transportasi Bus Trans Jogja) PUTRI)
19106010032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) DENGAN PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) (Studi Kasus: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Transportasi Bus Trans Jogja) PUTRI)
19106010032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) merupakan pengembangan lebih lanjut dari analisis regresi berganda dengan menggunakan analisis faktor dan analisis jalur untuk pemodelannya. PLS-SEM dapat digunakan pada variabel yang tidak dapat diamati secara langsung disebut variabel laten dengan pengukurannya dapat dilakukan melalui variabel indikator. Pemodelan dengan PLS-SEM dapat digunakan pada banyak variabel sekaligus untuk diuji secara serentak. Sebagai solusi dari kemacetan lalu lintas yang melanda Yogyakarta, Trans Jogja adalah fasilitas transportasi umum yang disediakan oleh pemerintah daerah yang telah beroperasi sejak 2008. Akan tetapi, meskipun telah dioperasikan sejak lama, pengguna Trans Jogja masih relatif rendah yaitu 0,49% dibandingkan pengguna angkutan umum lainnya di Yogyakarta. Hal ini tentu dipicu oleh banyak variabel yang memengaruhi faktor penggunaannya. Menimbang permasalahan ini, PLS-SEM dianggap sebagai metode yang cocok untuk memodelkan faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan Trans Jogja. Penelitian ini memodelkan empat variabel laten, yaitu alasan menggunakan Trans Jogja, dampak lingkungan menggunakan kendaraan bermotor, kualitas layanan Trans Jogja, dan motivasi menggunakan Trans Jogja yang disusun dengan 22 variabel indikator. Berdasarkan penelitian menggunakan sampel yang diambil dari 82 pengguna aktif Trans Jogja dengan PLS-SEM didapatkan bahwa motivasi menggunakan Trans Jogja berpengaruh terhadap penggunaan Trans Jogja dan kualitas layanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap penggunaan Trans Jogja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Epha Diana Supandi, S.Si., M.Sc., Pembimbing II: Noor Saif Muhammad Mussafi, S.Si., M.Sc., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: SEM; PLS; Trans Jogja, variabel laten; variabel indikator, analisis faktor; analisis jalur.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 20 Oct 2023 11:32
Last Modified: 20 Oct 2023 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61546

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum