ANIMO DALAM MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI SARANA KEGIATAN KEAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA ANGGOTA UKM WAMIKA STMIK AKAKOM YOGYAKARTA

Rachmad Widodo, NIM.: 01210755 (2007) ANIMO DALAM MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI SARANA KEGIATAN KEAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA ANGGOTA UKM WAMIKA STMIK AKAKOM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANIMO DALAM MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI SARANA KEGIATAN KEAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA ANGGOTA UKM WAMIKA STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)
01210755_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANIMO DALAM MENGGUNAKAN INTERNET SEBAGAI SARANA KEGIATAN KEAGAMAAN DI KALANGAN MAHASISWA ANGGOTA UKM WAMIKA STMIK AKAKOM YOGYAKARTA)
01210755_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman di era globalisasi ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang begitu juga dalam bidang informasi dan komunikasi. Kemunculan internet sebagai media informasi dan komunikasi mempunyai pengaruh bagi kehidupan manusia dalam menambah ilmu pengetahuan sehingga dapat mengubah sikap atau menggerakkan perilaku manusia. Internet adalah salah satu ilmu yang bisa didapatkan di perguruan tinggi stmik akakom. Bagi mahasiswa yang beragama islam di stmik akakom yang telah dipelajari dan diajari ilmu-ilmu bidang teknologi dan informasi, pengamalan ajaran agama dan usaha penyebaran agama atau dakwah islam menjadi suatu tantangan tersendiri dalam menghadapi kemajuan zaman. Unit kegiatan mahasiswa di stmikka com dalam bidang kerohanian agama islam adalah ukm wamika. Untuk mewujudkan kegiatan keagamaan melalui internet, ukm wamika membentuk tim-tim yang terdiri dari berbagai anggota. Penelitian ini mengkaji bagaimana tingkat anime mahasiswa anggota ukm wamika dalam menggunakan internet sebagai sarana kegiatan keamanan dan bentuk-bentuk kegiatan keagamaan yang dilakukan mahasiswa anggota ukm melalui media internet. Dalam mengumpulkan data yang diperlukan untuk penelitian ini menggunakan metode angket metode dokumentasi metode interview atau wawancara. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa statistik yaitu menganalisis data dengan mendeskripsikan data dalam bentuk angka melalui rumus statistik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa anime mahasiswa anggota ukm wamika dalam menggunakan internet sebagai sarana keagamaan baru pada tatanan harapan untuk dapat menggunakan internet sebagai sarana dakwah. Kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh mahasiswa anggota ukm ini melalui media internet pada umumnya yaitu melalui kegiatan diskusi dan tanya jawab di internet. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas atau kemampuan yang ada di internet yaitu fasilitas email dan juga chatting. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi animal mahasiswa anggota ukm dalam menggunakan internet sebagai sarana kegiatan keagamaan yang dapat digolongkan menjadi dua yaitu faktor pendukung dan juga faktor penghambat. Faktor pendukung meliputi adanya keinginan atau niat dari mahasiswa anggota km dalam menggunakan internet sedangkan faktor penghambat dalam menggunakan internet sebagai sarana kegiatan keagamaan yaitu kurangnya wujud nyata dalam melaksanakan kegiatan keagamaan melalui media internet disebabkan beberapa hal antara lain belum aktifnya situs www.wamika online.or.id, padatnya perkuliahan dan kegiatan lain di perkuliahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saptono, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Internet, Kegiatan Keagamaan, Mahasiswa
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 24 Oct 2023 08:36
Last Modified: 24 Oct 2023 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum