PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL (Telaah Metode Pembelajarannya)

Nur Varidatul Hasanah, NIM.: 00420189 (2005) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL (Telaah Metode Pembelajarannya). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL (Telaah Metode Pembelajarannya))
00420189_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) TEMPEL (Telaah Metode Pembelajarannya))
00420189_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Departemen Agama menetapkan Kurikulum pembelajaran Bahasa. Salah satu segi dalam pembelajaran bahasa adalah segi metode dan materi. Suatu pembelajaran Bahasa asing sukses atau tidaknya dinilai dari segi metode dan materi. Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel adalah Lembaga yang menerapkan materi dan metode pembelajaran Bahasa kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di dalam kelas, guru bahasa Arab mengunakan metode campuran di antaranya adalah metode ceramah dengan metode drill, dan metode demonstrasi. Metode ceramah dengan metode demoostrasi dan metode pemberian tugas. Adapun metode dikte digunak:ao daJam pemberian tugas dan metode tanya jawab digunakan pada awal pelajaran. pertengahan pelajaran dan akhir peJajaran. 2. Pelaksanarul peoyampaian materi babasa Arab dengan sistem klasikal yang dilakukan di dalam kelas. 3. Hasil analisis dari metode yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Arab adalah bahwa metode yang digunak.an dalam pembelajaran bahasa Arab guru mengunakan eclectic method antara lain metode ceramah, metode drill, metode demontrasi, metode Tanya jawab, metode dikte, dan metode pemberian tugas. 4. Usaha yang dilakukan oleh madrasah untuk meningatkan pembelajaran bahasa Arab adalah guru selalu memberi motifasi supaya siswa senang dengan pelajaran bahasa Arab, pelajaran bahasa Arab sudah dimulai dari kelas I, dengan les bahasa Arab, kamus kecil, papanisasi, penulisan rmifrodat pada papan mading kelas, hafalan surat-surat pendet dan iqro ', memberi keluasan bagi siswa yang ingin bertanya diluar jam pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Achmad Warid M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Bahasa Arab; pelajaran Bahasa; direct method
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Oct 2023 11:21
Last Modified: 24 Oct 2023 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61752

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum