HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN DEPRESI PADA REMAJA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Uswatun Khasanah, NIM. 02221011 (2006) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN DEPRESI PADA REMAJA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN DEPRESI PADA REMAJA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
02221011_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN DEPRESI PADA REMAJA SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
02221011_BAB II SAMPAI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kegiatan yang dilakukan para santri pondok pesantren Nurul ummah ternyata menyisakan suatu permasalahan permasalahan utama yang sering dialami santri adalah perasaan terkekang akibat peraturan yang dijalankan dan juga beban moral yang dialami para santri kepada orang tua dan juga kepada masyarakat sekitar tempat tinggalnya terhadap status mereka sebagai seorang santri perbedaan status ekonomi di kalangan santri juga mengakibatkan santri merasa rendah diri atau minder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan depresi remaja santri pondok pesantren Nurul ummah Kotagede Yogyakarta serta untuk mengetahui penanganan depresi dan harga diri di pondok pesantren rumah kota gede Yogyakarta. Sesuai dengan hipotesis yang diajukan maka penelitian ini terdiri dari dua variabel penelitian yakni variabel bebas yaitu harga diri dan variabel terikat yaitu depresi. Berdasarkan uji korelasi antara harga diri dengan depresi tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Hal ini disebabkan karena santri putri pondok pesantren Nurul ummah pada saat mengalami permasalahan yang menyebabkan depresi justru mereka mengarah pada kegiatan spiritual atau kegiatan pondok pesantren yang bersifat rohaniah. Adapun usaha yang dilakukan dalam penanganan depresi dan harga diri dengan konsep bbi yaitu dapat dilakukan dengan cara penanganan terhadap depresi dengan terapi perilaku, kognitif dan terapi holistik. Dengan terapi ini dimaksudkan agar santri yang mengalami permasalahan akan berubah baik sikapnya atau perilakunya. Penanganan terhadap harga diri yaitu dengan aspek iman dan taqwanya terhadap Allah SWT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nailul Falah, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Harga Diri, Depresi, Remaja, Pondok Pesantren
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Oct 2023 08:15
Last Modified: 26 Oct 2023 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum