RELASI KUASA KYAI TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL DI PONDOK PESANTREN ( ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE VICE ASIA “ INSIDE ISLAMIC BOARDING SCHOOL’S SEXUAL ABUSE PROBLEM ” )

Lenny Lesthari, NIM.: 16520014 (2023) RELASI KUASA KYAI TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL DI PONDOK PESANTREN ( ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE VICE ASIA “ INSIDE ISLAMIC BOARDING SCHOOL’S SEXUAL ABUSE PROBLEM ” ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELASI KUASA KYAI TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL DI PONDOK PESANTREN ( ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE VICE ASIA “ INSIDE ISLAMIC BOARDING SCHOOL’S SEXUAL ABUSE PROBLEM ” ))
16520014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RELASI KUASA KYAI TERHADAP KEKERASAN SEKSUAL DI PONDOK PESANTREN ( ANALISIS WACANA KRITIS YOUTUBE VICE ASIA “ INSIDE ISLAMIC BOARDING SCHOOL’S SEXUAL ABUSE PROBLEM ” ))
16520014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kekerasan seksual di lembaga keagamaan merupakan kasus yang diantisipasi namun terus terjadi beberapa tahun terakhir terutama ketika pemberitaan media terkait meningkatnya korban kekerasan seksual di lembaga pendidikan keagamaan yakni Pondok Pesantren. Hegemoni pemilik pesantren dengan santri dalam proses transfer ilmu juga mengantarkan jenis dinamika tertentu termasuk kekuasaan yang bersifat resiprokal membuka ruang relasi kuasa secara struktural di pondok pesantren. Salah satu media yang secara aktif menjelaskan hubungan relasi kuasa dan kasus kekerasan seksual di pondok pesantren adalah media Vice Asia. Desain utama penelitian ini dengan melakukan analisis wacana oleh Sara Mills dalam media Vice Asia yang bertujuan untuk mempertegas keterkaitan relasi kuasa terhadap meningkatnya kasus kekerasan seksual di Pondok Pesantren. Penelitian ini menyertakan teori Michel Fuocault untuk menarik kesimpulan umum terkait definisi dan konteks relasi kuasa yang berada secara struktural lalu berpedoman pada teori analisis wacana yakni Sara Mills yang memfokuskan pada analisis media Vice Asia pada posisi subjek – objek dan pembaca/ penonton dengan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Posisi relasi kuasa di Pondok Pesantren memiliki pengaruh secara struktural karena perannya yang memiliki signifikansi dalam percontohan moril serta keilmuan yang menjafi fondasi pengetahuan keagamaan dalam meneruskan visi dan misi yayasan pondok pesantren. Hal ini menandakan sistem yang dibuat oleh kekuasaan tidak sepenuhnya negatif, namun berbalikan dengan kekuasaan dimaknai dan dipergunakan saat ini pondok pesantren yang dipimpin oleh Kyai atau jajaran strukturan telah mengalami penurunan efektivitas pengetahuan seiring dengan malafungsi kekuasaan yang berbasis pada kekerasan seksual. Kedua, representasi relasi kuasa kyai terhadap kekerasan seksual dalam Channel Youtube Vice Asia “ Inside Islamic Boarding School’s Sexual Abuse Problem ” ialah dinilai dapat memberikan dampak negative bagi para santri, hal ini didasari pada posisi subjek sebagai korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh kyai di Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Derry Ahmad Rizal, M.A
Uncontrolled Keywords: Relasi Kuasa, Kekerasan Seksual, dan Analisis Media
Subjects: Media Sosial
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Oct 2023 13:48
Last Modified: 26 Oct 2023 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum