NURUL ISNAINI FITROKHUL JANNAH, NIM. 99454265 (2004) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 2 SEMESTER II MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 2 SEMESTER II MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2003/2004)
99454265_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text (HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN USAHA SISWA DALAM MENGATASI KESULITAN MEMPELAJARI KIMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 2 SEMESTER II MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2003/2004)
99454265_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di MAN Yogyakarta l. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas 2 semester II tahun ajaran 2003/2004. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas 2 semester II MAN Y ogyakarta I sebagai sampel penelitian diambil dua kelas dari enam kelas yang ada dengan menggunakan Cluster Random Sampling yaitu dengan mengundi kelas yang temasuk populasi sehingga dalam unit yang menjadi populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan test prestasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan regresi dua prediktor. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y=0,358182 X1+0,439457X2-34,99390, harga koefisien korelasi ganda Ry(l,2) sebesar 0,665 dan koefisien determinasi Ry(1,2/ sebesar 0,442. harga koefisien korelasi parsial X1 dengan Y adalah 0,403, korelasi parsial X2 dengan Y adalah 0,325. Sumbangan relatif untuk variabel X1 terhadap Y sebesar 57,6 %, dan sumbangan relatif untuk variabel X2 terhadap Y sebesar 42,4 %, sedangkan sumbangan efektif untuk masing-masing variabel X1 dan X2 terhadap Y berturutturut sebesar 25,461%dan18,706 %. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar kimia siswa kelas 2 semester II MAN Yogyakarta T, ada hubungan yang positif dan signifikan antara usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia dengan prestasi belajar kimia siswa kelas 2 semester II MAN Y ogyakarta I, ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan usaha siswa dalam mengatasi kesulitan mempelajari kimia secara bersama-sama dengan prestasi belajar kimia siswa kelas 2 semester II MAN Yogyakarta I. Maka kedua faktor tersebut perlu dipertimbangkan dalam upaya peningkatan prestasi belajar kimia. Kata kunci: Motivasi berprestasi, usaha siswa, kesulitan belc{jar kimia, prestasi belaf ar kimia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Sedya Santosa, S.S, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Motivasi berprestasi, usaha siswa, kesulitan belc{jar kimia, prestasi belaf ar kimia. |
Subjects: | Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 10:15 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 10:15 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61973 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |