PENGARUH PEMBERIAN PUPUK NPK TERHADAP PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MAADRASAH ALIYAH

AHYANI AZIZ, NIM. 99454322 (2005) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK NPK TERHADAP PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MAADRASAH ALIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PUPUK NPK TERHADAP PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MAADRASAH ALIYAH)
99454322_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PUPUK NPK TERHADAP PRODUKSI KOKON CACING TANAH (Lumbricus rubellus) SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR BIOLOGI DI MAADRASAH ALIYAH)
99454322_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk NPK terhadap produksi kokon cacing tanah ( Lumbricus rubellus ), serta mengetahui potensi-potensi dari proses dan produk penelitian ini yang dapat dijadikan sebagai alternatif sumber belajar biologi di Madrasah Aliyah. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4 Mei sampai tanggal 12 Juli~ · sebelum pelaksanakan penelitian, dilakukan uji pendahuluan yang bertujuan untuk menentukan ambang bawah dan ambang atas dosis pupuk NPK yang akan digunakan untuk uji produksi kokon cacing tanah (Lumbricus rubellus). Berdasarkan uji pendahuluan selama 96 jam maka dapat dite,ntukan konsentrasi pupuk NPK untuk perlakuan sebagai berikut: 0,3 ppt, 0,6 ppt, -0,9 ppt, 1,2 ppt, 1,5 ppt, setiap perlakuan diulang tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi konsentrasi pupuk NPK yang digunakan dalam peneHtian ini tidak berpengaruh secara nyata terhadap produksi kokon cacing tanah ( Lumbricus rubellus). Penggunaan pupuk NPK yang melebihi dosis yang telah ditetapkan menurut SNI yaitu 300 kg/ha atau 1,5 gr/kg media akan langsung mematikan cacing tanah (Lumbricus rubellus). Hasil penelitian ini berupa proses dan produk yang dapat digunakan sebagai altematif sumber belajar Biologi di Madrasah Aliyah, pada pokok bahasan Animalia dan dapat dijadikan materi pengayaan pada pokok bahasan Pengembangan Sumber Daya Hayati, sub pokok bahasan Revolusi Hijau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN BIOLOGI, MADRASAH ALIYAH, BIOLOGI
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Oct 2023 10:00
Last Modified: 03 Nov 2023 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62040

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum