ATIKAH, NIM.: 99454396 (2004) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 1 SEMESTER I MA MUALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.
|
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 1 SEMESTER I MA MUALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
099454396_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
Text (HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN AWAL DAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS 1 SEMESTER I MA MUALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2003/2004)
099454396_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan awal dan konsep diri dengan prestasi belajar kimia siswa kelas I semester I MA Muallimat Muharnmadiyah Yogyakarta Tahun Pelajaran 2003/2004 baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sarna. Penelitian ini rnenggunakan kelas I MA Muallimat Y ogyakarta sebagai populasi, dan dari 162 siswa secara acak diambil 80 siswa sebagai sampel yang ditentukan berdasarkan tc:knik random sampling. Data yang dikurnpulkan diperoleh melalui angket dan dokurnentasi. Data kemampuan awal diperoleh dari dokumentasi nilai mumi IPA SL TP, instrumen konsep diri yang berupa angket terdiri dari 43 butir soal yang sahib, dengan koefisien reliabilitas 0,911. Analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa, (1) Ada hubungan positif dan bermakna antara kemampuan awal dengan prestasi belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,888, koefisien determinasi sebesar 0,789, yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= l,040X1 - 1,315 (thit = 17,092 dan tiab, 5% = 1 ,99), (2) Ada hubungan positif dan bermakna antara konsep diri dengan prestasi belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0, 687, koefisien deterrninasi sebesar 0,472 yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= 0,048X2 -1, 849 (thit = 8,349 dan t1ab,S% = 1,99), dan (3) Ada hubungan positif antara kemarnpuan awal dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0, 896, koefisien determinasi sebesar 0,803 yang ditunjukkan dengan persamaan regresi Y= 0,915X1 + 0,1111X2 - 2,162 (F1ut = 156,760 dan Fiab, 5% = 3,115), (4) Besar sumbangan relatif dan sumbangan efektif masing-masing variabel bebas (Xi dan X2) terhadap variabel terikat (Y) berturut-turut adalah SR Xi = 78%, SE X1 = 62,6% dan SR X2 = 22%, SE X2 = 17,7%. Dari hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat untuk peningkatan mutu pendidikan pada umumnya dan pendidikan kimia pada khususnya, dan secara teoritis basil penelitian diharapkan dapat menyumbangkan gagasan barn atau rnelengkapi teori-teori yang berusaha memperoleh penyelesaian dari perbincangan tentang rendahnya prestasi belajar kimia. Sedangkan secara praktis didapatkan hubungan antara kemampuan awal dan konsep diri dengan prestasi belajar kimia siswa, yang merupakan informasi penting bagi guru-guru dan lembaga pendidikan dan dapat dijadikan acuan bahwa kernampuan awal dan konsep diri siswa dapat di manfaatkan untuk meningkatkan keberhasilan siswa dalam penguasaan materi pelajaran ilmu kimia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. Ichsan |
Uncontrolled Keywords: | PENDIDIKAN KIMIA, MUALLIMAT |
Subjects: | Pendidikan Kimia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 14:02 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 14:28 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62070 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |