PERSEPSI DAN MINAT KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP PRESTASI PRAKTIKUM BIOLOGI MAHASISWA JURUSAN TADRIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004

SITI MUNAWAROH, NIM:99454419 (2004) PERSEPSI DAN MINAT KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP PRESTASI PRAKTIKUM BIOLOGI MAHASISWA JURUSAN TADRIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI DAN MINAT KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP PRESTASI PRAKTIKUM BIOLOGI MAHASISWA JURUSAN TADRIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004)
99454419_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI DAN MINAT KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI TERHADAP PRESTASI PRAKTIKUM BIOLOGI MAHASISWA JURUSAN TADRIS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2003/2004)
99454419_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sains yang sasnrannya adalah mahluk hidup dengan segala fenomenanya. JPA (sains) berupaya rneningkatkan rninat manusia agar mau meningkatkan kecerdasan dan pemahamannya tentang alam seisinya yang penuh dengan rahasia yang tak ada habis-habisnya. Biologi rnempunyai karakteristik tersendiri yang memberi spesifikasi watak ilrnu untuk digunakan sebagai alat pendidikan, rneskipun harus disadari bahwa tidak semua tujuan dapat tercapai dengan menggunakan alat tersebut. Konsekwensinya bahwa mahasiswa hendaknya diberi kesempatan untuk belajar kontak dengan obyek agar terbentuk pengalaman belajar (learning experiences). Salah satu usaha menciptakan interaksi antara mahasiswa dengan obyek belajarnya adalah kegiatan praktikum biologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi dan minat mahasiswa pada kegiatan praktikum biologi, dengan prestasi praktikurn biologi pada rnahasiswa .Jurusan Tadris Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah IAlN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptik analitik (proporsi) kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product-moment pearson, dan diperoleh sebesar: 0,9284. Kemudian pada persepsi menggunakan analisis data katagorik. Uji hjpotesis untuk persepsi dari perhitungan uji statistik didapat nilai chisquare (X2)= 0,043 dengan tingkat probabilitas P : 0,857 >0,05 . Sehingga Ho: diterima. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi tidak berpengaruh terhadap praktikum biologi pada tingkat si.gnifikansi (kepercayan) 95%. up hipotesis untuk minat dari perhitungan uji statistik didapat nilai chi-square (X )= 0,539 dengan tingkat probabilitas P : 0,014 < 0,05 sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa minat berpengaruh terhadap praktikum biologi pada tingkat sib.rnifikansi (kepercayan) 95%. XIV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Jafar Lutfi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Biologi, pendidikan, praktikum, Tadris, IAIN, Sunan Kalijaga
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2023 10:31
Last Modified: 08 Nov 2023 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum