ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KARYA DR.D. HIDAYAT

Saeful Millah, NIM.: 05420048 (2011) ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KARYA DR.D. HIDAYAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KARYA DR.D. HIDAYAT)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH KARYA DR.D. HIDAYAT)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah indikator yang ditawarkan oleh BNSP ataupun kementerian agama yang tertuang dalam permenag RI no 02 tahun 2008 sudah tercapai atau belum, baik dari aspek penilaian materi, aspek penilaian penyajian, penilaian kebahasaan dan penilaian kegrafikan. Obyek penelitian ini adalah Buku Ta'lim Al- lughah Al-arabiyah kelas IX karya DR.D. Hidayat diterbitkan pada tahun 2009 oleh penerbit PT. Karya Toha Putra Semarang. Dengan cara menelaah seluruh isi buku dari bab pertama hingga bab terakhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian Library reseach dan bersifat kualitatif, dalam penelitian ini pengumpulan data melalui penggalian dan penelusuran atas buku-buku, surat kabar, majalah, jurnal dan catatan lain yang dinilai memiliki hubungan dan mendukung pemecahan masalah serta pencapaian kebenaran dalam kesempurnaan skripsi ini Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah : (a) wawancara dengan penulis buku (bila memungkinkan) (b) pengamatan terhadap buku yang sedang diteliti baik yang bersifat primer maupun sekunder.(c) Dokumentasi. Sedangkan untuk memperkuat data yang akan dikumpulkan peneliti juga menggunakan beberapa instrumen diantaranya: menggunakan tabel yang berisi tentang butir, deskripsi dari butir apakah memenuhi indikator atau tidak, selanjutnya terdapat kolom keterangan yang terdiri baik dan perlu perbaikan. Penelitian ini juga menggunakan analisis non statistik yaitu berupa evaluasi terlebih dahulu, kemudian dilakukan pengklasifikasian dari aspek materi, aspek penyajian ,aspek kebahasaan dan aspek kegrafikan, kemudian dilakukan penilaian dari keempat aspek tersebut. Dari hasil analisis yang telah dilakukan kemudian diambil kesimpulan, bahwa buku yang ditulis oleh DR D Hidayat terdapat kelebihan dan kekurangan. Dari segi materi diantaranya masih tumpang tindih dan terlalu banyak muatannya sehingga agak kesulitan dalam 40 jam pertemuan. Dari segi penyajian belum adanya rangkuman atau kata-kata kunci serta petunjuk penggunaan. Selanjutnya dari segi kebahasaan masih belum menggugah motivasi peserta didik karena bahasa yang digunakan datar. Kemudian dari segi kegrafikan warna monoton bahkan terkesan membosankan karena dicetak dengan kertas buram, seandainya gambar tersebut dicetak warna akan menambah selera pennguna walau terkesan seperti buku gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum, KTSP
Subjects: Islam dan Pemikiran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Nov 2023 15:50
Last Modified: 20 Nov 2023 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum