Risma Saraswati, NIM.: 21208011010 (2023) PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KEUNGGULAN BERSAING, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP KINERJA PRODUK UMKM HALAL DI KABUPATEN MADIUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KEUNGGULAN BERSAING, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP KINERJA PRODUK UMKM HALAL DI KABUPATEN MADIUN)
21208011010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (PENGARUH KNOWLEDGE MANAGEMENT, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KEUNGGULAN BERSAING, DAN PENDAMPINGAN TERHADAP KINERJA PRODUK UMKM HALAL DI KABUPATEN MADIUN)
21208011010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kondisi perekonomian modern seperti sekarang ini, keadaan sudah banyak berubah sehingga munculnya persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Persaingan antara perusahaan dan perusahaan lain semakin ketat antara lain yaitu perkembangan umkm dalam sistem makanan dan minuman yang bersertifikat halal. UMKM menjadi sektor dominan dalam total usaha yang ada diindonesia. Posisi tersebut memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian negara. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui pengaruh knowledge management, orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing dan pendampingan terhadap kinerja produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dikirimkan kepada pelaku UMKM halal di kabupaten madiun, dengan jumlah sampel sebanyak 295 orang. Regresi Linier Berganda digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan alat bantu SPSS 25. Temuan penelitian ini menunjukkan variabel knowlagde management dan orientasi kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja produk umkm halal. Sedangkan variabel keunggulan bersaing dan pendampingan tidak berpengaruh terhadap kinerja produk umkm halal. Penelitian ini menemukan jika knowledge management dan orientasi kewirausahaan memiliki pengaruh terhadap kinerja produk, Sedangkan keunggulan bersaing dan pendampingan tidak berpengaruh terhadap kinerja produk umkm halal tersebut. Dalam hal ini usia dan pendidikan sangat dibutuhkan untuk kinerja produk umkm. Implikasi teoritis penelitian ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pelaku umkm agar terus melakukan inovasi baik dibidang pengetahuan maupun produk yang dimiliki. Selain inovasi pelaku UMKM harus mengetahui juga tentang sertifikat halal dalam produk yang akan di produksi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M. AG |
Uncontrolled Keywords: | UMKM; kewirausahaan; keunggulan bersaing, competitive advantage |
Subjects: | Ekonomi Syariah Wirausaha |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2) |
Depositing User: | Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id] |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 15:44 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 15:44 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62371 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |