MINAT PETANI KELAPA SAWIT DALAM BERZAKAT (Studi Tentang Determinan Zakat Pertanian Di Kab. Tulang Bawang Lampung)

Sarifudin, S.E., NIM.: 21208011047 (2023) MINAT PETANI KELAPA SAWIT DALAM BERZAKAT (Studi Tentang Determinan Zakat Pertanian Di Kab. Tulang Bawang Lampung). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MINAT PETANI KELAPA SAWIT DALAM BERZAKAT (Studi Tentang Determinan Zakat Pertanian Di Kab. Tulang Bawang Lampung))
21208011047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MINAT PETANI KELAPA SAWIT DALAM BERZAKAT (Studi Tentang Determinan Zakat Pertanian Di Kab. Tulang Bawang Lampung))
21208011047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tulang Bawang adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Lampung. Berdasarkan data dari peta GIS (Geographic Information System) tentang persebaran luas areal dan produksi kelapa Sawit di Provinsi Lampung pada tahun 2020, Kabupaten Tulang Bawang memiliki luas lahan perkebunan kelapa Sawit di atas 12.000 hektar. Potensi pertanian yang sangat besar ini memberikan peluang untuk zakat pertanian yang besar. Namun, daerah ini juga menghadapi tantangan terkait kemiskinan dan ketimpangan pendapatan. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum optimalnya pemanfaatan potensi zakat di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh berbagai faktor, antara lain sikap, norma subjektif, kontrol perilaku, religiusitas, pengetahuan, pendapatan, dan keyakinan, terhadap minat petani kelapa Sawit membayar zakat pertanian. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei, dengan fokus pada petani muslim yang berada di Kabupaten Tulang Bawang. Purposive sampling digunakan untuk mengumpulkan data dari 288 responden.. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling dan Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan Smart-PLS 3.0 sebagai alat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap tidak berpengaruh signifikan terhadap minat petani kelapa Sawit dalam membayar zakat pertanian. Namun, norma subjektif, kontrol perilaku, religiusitas, pengetahuan, pendapatan, dan kepercayaan semua variabel tersebut memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat petani untuk menyumbang zakat pertanian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibnu Muhdir, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: norma subjektif; kontrol perilaku; religiusitas; pendapatan; zakat
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Nov 2023 10:55
Last Modified: 27 Nov 2023 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum