DETERMINAN MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI DENGAN CITRA LEMBAGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada BAZNAS Kabupaten Bantul)

Izzuna Davi, NIM.: 21208011083 (2023) DETERMINAN MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI DENGAN CITRA LEMBAGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada BAZNAS Kabupaten Bantul). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI DENGAN CITRA LEMBAGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada BAZNAS Kabupaten Bantul))
21208011053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN MINAT MEMBAYAR ZAKAT PROFESI DENGAN CITRA LEMBAGA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada BAZNAS Kabupaten Bantul))
21208011053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini guna menganalisis dan mengetahui faktor-faktor yang memiliki pengaruh terhadap minat ASN untuk menyalurkan zakat profesi melalui BAZNAS Bantul. Pengembangan penelitian dengan mengintregasikan citra lembaga sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan koresponden sebanyak 143 individu. Kuesioner disebarkan kepada para ASN yang berminat untuk membayarkan zakat profesinya dengan cara pemotongan gaji oleh BAZNAS Bantul. Alat yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini ialah Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0. Penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan zakat, religiusitas, altruisme, dan kontrol perilaku mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat ASN untuk berzakat profesi melalui pemotongan gaji di BAZNAS Bantul. Sedangkan norma subjektif dan sikap tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat ASN untuk berzakat profesi melalui pemotongan gaji di BAZNAS Bantul. Ditemukan juga bahwa citra lembaga mampu memperkuat pengaruh pengetahuan zakat, religiusitas, dan kontrol perilaku terhadap minat ASN untuk berzakat profesi melalui pemotongan gaji di BAZNAS Bantul. Sedangkan citra lembaga tidak mampu memperkuat pengaruh altruisme, sikap, dan norma subjektif terhadap minat ASN untuk berzakat profesi melalui pemotongan gaji di BAZNAS Bantul. Implikasi teoritis penelitian ini adalah menghadirkan masukan baru terkait pengembangan variabel perilaku terencana terkait minat berzakat dan penelitian ini mengkaji beberapa variabel baru yang sangat jarang diuji dalam penelitian-penelitian sebelumnya. Diharapkan bahwa hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan saran dan masukan untuk Badan Amil Zakat Nasional dalam rangka mencapai keseimbangan atau mendekati potensi zakat profesi yang tercatat saat ini dengan potensi zakat yang sebenarnya. Penelitian ini memberikan gambaran atau pandangan bagi Badan Amil Zakat Nasional khususnya di Kabupaten Bantul mengenai potensi yang dapat meningkatkan minat Aparatur Sipil Negara untuk berkontribusi dalam pengumpulan dana zakat profesi di Indonesia

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mukhamad Yazid Affandi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: TPB, zakat profesi; citra lembaga; altruisme
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Nov 2023 11:09
Last Modified: 27 Nov 2023 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum