PENGARUH BAHASA JAWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAFALAN HURUF ‘AIN (ع) DI TPA LINTANG SONGO PAGERGUNUNG PIYUNGAN BANTUL

Elis Sakinatul Puadah, NIM.: 18104020087 (2023) PENGARUH BAHASA JAWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAFALAN HURUF ‘AIN (ع) DI TPA LINTANG SONGO PAGERGUNUNG PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BAHASA JAWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAFALAN HURUF ‘AIN (ع) DI TPA LINTANG SONGO PAGERGUNUNG PIYUNGAN BANTUL)
18104020087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BAHASA JAWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAFALAN HURUF ‘AIN (ع) DI TPA LINTANG SONGO PAGERGUNUNG PIYUNGAN BANTUL)
18104020087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah berubahanya bunyi huruf ‘ain (ع) menjadi ngain dalam kemampuan membaca di TPA Lintang Songo Piyungan Bantul. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana metode pembelajaran yang digunakan di TPA Lintang Songo Piyungan Bantul, 2) adakah pengaruh bahasa Jawa secara signifikan terhadap kemampuan membaca dalam pelafalan huruf ‘ain (ع) di TPA Lintang Songo Piyungan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi TPA Lintang Songo Piyungan Bantul, sampel dari penelitian ini adalah murid dan orang tua murid. Penelitian ini memiliki 2 (dua) variable, yaitu variable bebas “Pengaruh Bahasa Jawa”, dan variable terikat yaitu “Kemampuan Membaca dalam Pelafalan Huruf ‘Ain (ع). Data diambil dari sampel 39 murid menggunakan tes, dan data dari sampel 39 orang tua diambil dari angket dengan skala Guttman. Penelitian ini melalui beberapa tahap untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari variable bebas terhadap variable terikat. Adapun hasil dari penelitian yang diperoleh dari responden adalah sebagai berikut. 1) Metode pembelajarn yang digunakan di TPA Lintang Songo Merupakan metode Iqro’ (اقرأ ) 2) Bahasa Jawa mempengaruhi kemampuan membaca dalam pelafalan huruf ‘ain (ع) di TPA Lintang Songo dibuktikan dengan uji hipotesis bahwa nilai signifikasi lebih kecil dari 0,05, dan dari hasil uji determinasi nilai hubungan (R) sebesar 0,417 dan nilai R Square 0,174, maka Bahasa Jawa memberi pengaruh terhadap pelafalan huruf ‘ain (ع) sebesar 0,174%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah
Uncontrolled Keywords: perubahan bahasa, Kemampuan Membaca, Bahasa Jawa, TPA Lintang Songo.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Dec 2023 14:17
Last Modified: 04 Dec 2023 14:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum