PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INFOGRAFIS MATERI DAKWAH WALI SONGO PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTA

Risya Dzulfika Fauziah, NIM.: 19104010021 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INFOGRAFIS MATERI DAKWAH WALI SONGO PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INFOGRAFIS MATERI DAKWAH WALI SONGO PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTA)
19104010021BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INFOGRAFIS MATERI DAKWAH WALI SONGO PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SLTA)
19104010021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah media pembelajaran yang belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal ini tentunya berdampak pada aktivitas belajar yang kurang variatif sehingga cenderung monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis infografis pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan materi “Dakwah Wali Songo”. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kelayakan produk media pembelajaran digital berbasis infografis dengan format aplikasi android yang bernama “Infografis Wali Songo” berdasarkan validasi dari tim ahli media dan ahli materi, serta berdasarkan uji coba terbatas dan uji coba pemakaian. Subjek penelitian dan pengembangan adalah siswa kelas X SMK Yapemda 1 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural Sugiyono dengan 10 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran digital berbasis infografis materi “Dakwah Wali Songo” dengan format aplikasi android yang bernama “Infografis Wali Songo” memperoleh nilai persentase rata-rata dari tim ahli sebesar 91%, sehingga dapat dikategorikan “Sangat Valid”. Berdasarkan respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba pemakaian memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 89%, sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Hasil penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital berbasis infografis sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas ataupun sebagai media belajar siswa secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuli Kuswandari, S. Pd., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital; Infografis; canva
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Dec 2023 15:50
Last Modified: 04 Dec 2023 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum