PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK ALIFA MUSLIM MONTESSORI GEDONGKUNING

Ginan Nur Izzi, NIM.: 19104030015 (2023) PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK ALIFA MUSLIM MONTESSORI GEDONGKUNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK ALIFA MUSLIM MONTESSORI GEDONGKUNING)
19104030015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MONTESSORI DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B2 DI TK ALIFA MUSLIM MONTESSORI GEDONGKUNING)
19104030015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi anak yang masih bergantung pada orang lain secara emosi dan nilai. Metode montessori yang diterapkan di TK Alifa Muslim Montessori dapat membantu anak mengatasi ketergantungan tersebut. Metode montessori adalah metode pembelajaran yang memberikan kepercayaan pada anak untuk menjadi pribadi yang mandiri dengan melatih anak melakukan kegiatan sehari-hari tanpa bergantung pada orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning, (2) faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wali kelas, dan beberapa orang tua siswa, serta siswa kelompok B2 TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Sugiyono, yaitu: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Dan uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori Gedongkuning dilaksanakan dengan melatih kemandirian emosi kemandirian kognitif, dan kemandirian nilai. Pada kemandirian kognitif dan nilai dapat dikatakan optimal karena anak mampu melakukan kegiatan sendiri dan mau bermain bersama saat menggunakan media montessori yang sama, sedangkan pada kemandirian emosi belum optimal karena anak masih bergantung dengan emosi orang lain sehingga ketika suasana hatinya tidak bagus maka anak tidak bersemangat belajar. (2) Faktor pendukung penerapan metode montessori dalam pembentukan kemandirian anak usia dini kelompok B2 di TK Alifa Muslim Montessori yaitu guru mendapatkan pembekalan sebelum proses belajar mengajar dimulai dan dilibatkan dalam pelatihan untuk perencanaan pembelajaran montessori, serta melibatkan orang tua untuk membantu melatih kemandirian anak di rumah. Adapun faktor penghambatnya yaitu belum lengkapnya media atau apparatus montessori dan pemakaian kelas montessori yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Metode Montessori, kreativitas
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 10:19
Last Modified: 05 Dec 2023 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62478

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum