SENI KALIIGRAFI (KHAT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KITABAH (STUDI KASUS PADA MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN NEGERI 1 SURAKARTA)

M. Halim Amiri, NIM.: 06420060 (2010) SENI KALIIGRAFI (KHAT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KITABAH (STUDI KASUS PADA MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN NEGERI 1 SURAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SENI KALIIGRAFI (KHAT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KITABAH (STUDI KASUS PADA MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN NEGERI 1 SURAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SENI KALIIGRAFI (KHAT) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KITABAH (STUDI KASUS PADA MADRASAH ALIYAH KEAGAMAAN NEGERI 1 SURAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kaligrafi pada dasarnya bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi. Kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri di mana guru atau dosen dan siswa/ mahasiswanya bertukar pikiran untuk mengembangkan ide dan pengertian. komunikasi sering timbul dan terjadi penyimpangan- penyimpangan, sehingga komunikasi tersebut tidak efektif dan efisien, antara lain disebabkan oleh adanya kecenderungan verbalisme, ketidaksiapan siswa/ mahasiswa, kurangnya minat dan kegairahan, dan sebagainya. Metode penelitian pada dasarnya merupakan langkah- langkah operasional dan ilmiah yang dilakukan oleh peneliti dalam mencari jawaban atas rumusan masalah penelitian yang dibuatnya. Dari uraian pembahasan skripsi diatas dapat ditarik kesimpulan yaitu: 1. Pembelajaran seni kaligrafi di MAKN-MAN 1 Surakarta adalah dengan latihan menulis huruf arab dan cara perangkaiannya sesuai rumus kaidah kaligrafi yang didemonstrsikan oleh guru. 2. Jenis kaligrafi yang diajarkan di MAKN-MAN 1 Surakarta kelas XI Pa adalah jenis kaligrafi khat tsuluts, media pembelajarannya dengan media visual diam dan media cetak.. 3. Hasil pembelajaran seni kaligrafi menunjukkan bahwa nilai ratarata siswa 80,27 (delapan puluh koma dua tujuh) dan 79.72.(tujuh puluh Sembilan koma dua tujuh).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kaligrafi (Khat), Media Pembelajaran, Kitabah
Subjects: Kaligrafi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:08
Last Modified: 05 Dec 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum