PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS

Dyah Ayu Retnaningsih, NIM.: 19104050014 (2023) PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS)
19104050014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POCKET BOOK FISIKA BERBASIS CONTEXTUAL LEARNING BERBANTUAN APLIKASI ANDROID PADA MATERI GETARAN HARMONIS)
19104050014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi yang terjadi pada era sekarang ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan proses pembelajaran, salah satunya penggunaan smartphone di kalangan pelajar dapat dijadikan sebagai sarana untuk belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan 1) Mengembangkan media pembelajaran pocket book fisika berbasis contextual learning berbantuan aplikasi android pada materi getaran harmonis. 2) Mengetahui kualitas media pembelajaran pembelajaran pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran pembelajaran Pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. 4) Menguji keterlaksanaan pocket book fisika berbasis contextual learning pada materi getaran harmonis berbantuan aplikasi android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE. Penelitian dibatasi sampai pada tahap evaluasi sumatif (Evaluation) dan Implementation pada uji keterlaksanaan produk. Penilaian ini dilakukan oleh dua validator instrumen, dua ahli materi, dua ahli media, satu guru fisika, peserta didik dan dua observer. Penilaian menggunakan skala likert 1-4 dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini adalah aplikasi pocket book fisika getaran harmonis berbasis contextual learning. Hasil penilaian kualitas oleh ahli materi, ahli media, dan guru fisika secara berurutan memperoleh rerata penilaian dengan kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,33; 3,60; dan 3,71. Hasil uji coba terbatas dan uji coba luas memperoleh rerata respon Sangat Setuju (SS) dengan skor 3,49 dan 3,47. Penilaian keterlaksanaan produk memperoleh kriteria Sangat Baik (SB) dengan skor 3,64. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pocket book berbasis contextual learning dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran fisika materi getaran harmonis SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nira Nurwulandari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Contextual Learning, Getaran Harmonis, Pocket Book Fisika.
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:23
Last Modified: 05 Dec 2023 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum