PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 3

Firda Luthfia Nada, NIM.: 19104080013 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 3. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 3)
19104080013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS 3)
19104080013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh cara guru menyampaikan materi konkret menjadi abstrak serta tersedianya media gambar belum bisa memfasilitasi peserta didik dalam memahami materi tersebut. Penelitian dan pengembangan ini menawarkan media pembelajaran yang dapat membantu pendidik dan menunjang proses belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik produk media pembelajaran video berbasis Sparkol Videoscribe materi perubahan wujud benda kelas 3 MIN 4 Gunungkidul, memperoleh penilaian ahli terhadap kelayakan media pembelajaran video berbasis Sparkol Videoscribe materi perubahan wujud benda kelas 3 MIN 4 Gunungkidul, serta memperoleh respon dari calon pengguna terhadap kelayakan media pembelajaran video berbasis Sparkol Videoscribe materi perubahan wujud benda kelas 3 MIN 4 Gunungkidul melalui uji respon praktisi dan uji coba terbatas. Metode penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan melalui tahap define, design, development, disseminate. Peneliti menggunakan instrumen berupa angket validasi dengan pengukuran likert skala 5 guna memperoleh hasil penilaian dari dosen ahli dan uji respon praktisi terhadap produk yang dikembangkan. Peneliti juga menggunakan angket dengan penggunaan skala Guttman dalam bentuk respon “Ya atau Tidak” guna memperoleh hasil uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan oleh 15 peserta didik kelas 3 MIN 4 Gunungkidul. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Karakteristik media pembelajaran video berbasis Videoscribe memiliki tiga poin utama yaitu penyajian animasi tokoh sesuai karakter peserta didik kelas 3, pembuatan naskah cerita dekat dalam kehidupan sehari-hari, dan video riil berisi proses dengan durasi yang singkat, (2) Hasil validasi produk penelitian dari dosen ahli mendapatkan total skor 300 yang dikategorikan “Sangat Baik”, (3) Hasil respon calon pengguna diperoleh dari uji respon praktisi yang diperoleh dari guru kelas 3 dengan total skor 316 yang dikategorikan “Sangat Baik” dan uji coba terbatas mendapatkan skor 100% dari 15 peserta didik yang dikategorikan dengan respon positif. Hal ini menunjukkan bahwa, media pembelajaran video berbasis Sparkol Videoscribe dinyatakan layak sebagai salah satu media IPA pada materi perubahan wujud benda di MI/SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media gambar; media pembelajaran video; perubahan wujud benda
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:38
Last Modified: 05 Dec 2023 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum