FA'ALIYAH 'AMILIYAH TA'LIM AL LUGHAT AL ARABIYAH BI ISTIKHDAM WASILAT AL TA'LIM AL ILKITARUNI AL AKADIMIYAT AL ARABIYYAH (WWWARABACADEMYCOM) LI TULABAL MARHALAT AL ULA AL SANAT AL DIRASIYAH (2010-2011) FI MARKAZ AL LUGHAH WA AL TAQAFAH WA AL ADYAN BI JA

Jaya Mundra, NIM.: 07420033 (2011) FA'ALIYAH 'AMILIYAH TA'LIM AL LUGHAT AL ARABIYAH BI ISTIKHDAM WASILAT AL TA'LIM AL ILKITARUNI AL AKADIMIYAT AL ARABIYYAH (WWWARABACADEMYCOM) LI TULABAL MARHALAT AL ULA AL SANAT AL DIRASIYAH (2010-2011) FI MARKAZ AL LUGHAH WA AL TAQAFAH WA AL ADYAN BI JA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FA'ALIYAH 'AMILIYAH TA'LIM AL LUGHAT AL ARABIYAH BI ISTIKHDAM WASILAT AL TA'LIM AL ILKITARUNI AL AKADIMIYAT AL ARABIYYAH (WWWARABACADEMYCOM) LI TULABAL MARHALAT AL ULA AL SANAT AL DIRASIYAH (2010-2011) FI MARKAZ AL LUGHAH WA AL TAQAFAH WA AL ADYAN BI JA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (FA'ALIYAH 'AMILIYAH TA'LIM AL LUGHAT AL ARABIYAH BI ISTIKHDAM WASILAT AL TA'LIM AL ILKITARUNI AL AKADIMIYAT AL ARABIYYAH (WWWARABACADEMYCOM) LI TULABAL MARHALAT AL ULA AL SANAT AL DIRASIYAH (2010-2011) FI MARKAZ AL LUGHAH WA AL TAQAFAH WA AL ADYAN BI JA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media e-learning www.arabacademy.com, bagaimana efektifitas proses pembelajaran tersebut ditinjau dari teori yang ada, tentunya dengan melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat dari proses pembelajaran bahasa arab tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tekhik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara mendalam dan observasi. Adapun proses analisis data dengan analisa kualitatif dengan menggunakan metode induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media e-learning www.arabacademy.com di pusat bahasa,budaya dan agama tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya hal tersebut yang menyebabkan proses pembelajaran tidak efektif. Tidak efektifnya proses pembelajaran tersebut dikarenakan beberapa faktor pengahambat yaitu: ١). Media e-learning www.arabacademy.com sering mengalami gangguan didalam koneksi dengan jaringan internet. ٢). belum imbangnya fasilitas yang dimiliki untuk mengakses dan mengggunakan media tersebut dengan jumlah mahasiswa yang belajar dikelas. ٣). Minimnya kesadaran dosen untuk menggunakan media ini didalam proses pembelajaran bahasa Arab. ٤). Kurang maksimalnya sosialisasi penggunaan media ini kemahasiswa sehingga masih banyak mahasiswa yang belum tahu media ini. Dari hasil penelitian diatas peneliti menyampaikan beberapa saran kepada Pusat Bahasa, Budaya dan Agama didalam penggunaan media e-learning www.arabacademy.com didalam pembelajaran bahasa Arab. Saran tersebut yaitu: ١). Memperbaiki jaringan internet agar media ini bisa diakses kapan saja dan tidak mengalami gangguan. ٢). Menambah fasilitas pembelajaran yang terdapat di laboratorium, ruang pembelajaran bahasa Arab dan di ruang self access center. ٣). Mengintensifkan pelatihan kepada dosen terkait serta tetap menghimbau kepada dosen terkait untuk selalu menggunakan media ini secara intensif didalam pembelajaran bahasa Arab. ٤). Mengintensifkan sosialisasi penggunaan media ini kepada mahasiswa agar mahasiswa bisa memamfaatkanya didalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag dan Drs. H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bahasa Arab, Media E-Learning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:25
Last Modified: 05 Dec 2023 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum