SYAKHSIYYATU IYASU FI AL-RIWAYAH “AL-ZILLU AL-ASWAD” LI NAJIB AL-KAYLANI ( DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH INSANIYYAH LI ABRAHAM MASLOW)

Teguh Handoyo Mukti, NIM.: 17101010100 (2022) SYAKHSIYYATU IYASU FI AL-RIWAYAH “AL-ZILLU AL-ASWAD” LI NAJIB AL-KAYLANI ( DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH INSANIYYAH LI ABRAHAM MASLOW). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SYAKHSIYYATU IYASU FI AL-RIWAYAH “AL-ZILLU AL-ASWAD” LI NAJIB AL-KAYLANI ( DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH INSANIYYAH LI ABRAHAM MASLOW))
17101010100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SYAKHSIYYATU IYASU FI AL-RIWAYAH “AL-ZILLU AL-ASWAD” LI NAJIB AL-KAYLANI ( DIRASAH TAHLILIYAH NAFSIYAH INSANIYYAH LI ABRAHAM MASLOW))
17101010100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (857kB) | Request a copy

Abstract

Novel adalah salah satu bentuk karya sastra prosa yang banyak digemari masyarakat. Novel juga dapat diartikan sebagai kisahan atau cerita yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan (penokohan). Dalam penelitian ini, penulis akan meneliti tokoh utama Kaisar Iya>su> dalam novel Al-Z}illu al-Aswad karya Naji>b al-Kayla>ni dan bagaimana kepribadiannya berdasarkan sudut pandang psikologi sastra (kajian psikologi humanistik Abraham Maslow). Penelitian ini mengupas tentang kepribadian tokoh Iyasu, bagaimana pemenuhan kebutuhan dasar tokoh Iya>su> sesuai dengan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow dan bagaimana tokoh Iyasu meng aktualisasikan diri sebagai Kaisar Ethiopia dan seorang Muslim sejati. Berdasarkan analisis kepribadian tokoh Iyasu dalam Novel Al-Z}illu al-Aswad karya Naji>b al-Kayla>ni menggunakan teori Psikologi Humanistik Abraham Maslow, penulis menemukan bahwa: (1) Tokoh Iyasu adalah sosok raja muslim yang taat beribadah dan berbakti kepada kedua orangtua, adil dalam memimpin rakyatnya, toleran terhadap segala bentuk perbedaan keyakinan rakyatnya, cerdas dan penuh pertimbangan dalam mengambil keputusan, pemberani serta memiliki sifat bertanggungjawab baik sebagai seorang raja maupun sebagai seorang muslim. (2) Tokoh Iyasu dalam novel Al-Z}illu al-Aswad berada pada tingkatan Aktualisasi diri karena tokoh Iyasu telah memenuhi 4 kebutuhan dasar dalam teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow (3) Aktualisasi diri yang dilakukan tokoh Iyasu yaitu aktualisasi diri sebagai seorang muslim sejati yang mampu menjaga akidahnya, dan aktualisasi diri sebagai seorang Kaisar yang mengabdi untuk rakyatnya. Sebagai manusia biasa, Iyasu memperjuangkan 2 hal diatas untuk mempertanggung-jawabkan dirinya sebagai seorang Kaisar dan seorang muslim, (4) Berdasarkan teori psikologi humanistik Abraham Maslow, kepribadian Iyasu tergolong kedalam kepribadian yang sehat. Yaitu pribadi yang mampu mengaktualisasikan dirinya secara penuh baik sebagai seorang muslim maupun sebagai seorang Kaisar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Wakhid Hidayat, S.S., M.A
Uncontrolled Keywords: Tokoh Iyasu, Psikologi Sastra, Abraham Maslow, Aktualisasi Diri
Subjects: Kesusastraan Arab > Novel - Fiksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jan 2024 11:16
Last Modified: 02 Jan 2024 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum