A'RAD AL IKTI'AB LI SHAKHSIYYAT AL AB FI AL QISSAT AL QASIRAH "ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN AL KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI AARON BECK)

Shania Ikramah Putri, NIM.: 18101010010 (2022) A'RAD AL IKTI'AB LI SHAKHSIYYAT AL AB FI AL QISSAT AL QASIRAH "ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN AL KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI AARON BECK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (A'RAD AL IKTI'AB LI SHAKHSIYYAT AL AB FI AL QISSAT AL QASIRAH "ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN AL KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI AARON BECK))
18101010010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (A'RAD AL IKTI'AB LI SHAKHSIYYAT AL AB FI AL QISSAT AL QASIRAH "ARD AL BURTUQAL AL HAZIN LI GHASSAN AL KANAFANI (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKOLOGIYYAH LI AARON BECK))
18101010010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy

Abstract

Psikologi sastra bermaksud untuk memahami aspek-aspek kejiwaan yang terkandung dalam suatu karya sastra, hal ini karena karya sastra menampilkan watak tokoh yang meskipun imajinatif namun menyajikan berbagai masalah psikologis. Penelitian ini membahas salah satu masalah psikologis yaitu depresi, di mana penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gejala-gejala depresi yang dialami tokoh Ayah dalam cerpen “Ard Burtuqal Al Hazin” karya Ghassan Kanafani. Cerpen ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang harus mengungsi akibat pengusiran yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina. Akibat dari peristiwa itu tokoh Ayah mengalami beberapa masalah dari sisi psikologis. Untuk menganalisis fenomena-fenomena kejiwaan yang dialami tokoh Ayah, peneliti menggunakan pendekatan psikologis kognitif Aaron Beck. Dalam teori kognitifnya, Aaron Beck membagi gejala-gejala depresi menjadi empat, yaitu: gejala-gejala emosional, gejala-gejala kognitif, gejala-gejala motivasional, dan gejala-gejala fisik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, sementara teknik anilisis data yang digunakan adalah analisis deksripti kualitatif. Berdasarkan dari analisis yang telah dilakukan, tokoh Ayah mengalami keempat gejala-gejala depresi, antara lain: (1) gejala-gejala emosional, dimana tokoh ayah menampilkan empat macam perilaku yaitu sedih, hilang kesenangan, menangis, dan lekas marah, (2) gejala-gejala kognitif, dimana tokoh ayah menampilkan dua macam perilaku antara lain pesimis dan sulit mengambil keputusan, (3) gejala-gejala motivasional, dimana ayah menunjukkan tiga macam perilaku yaitu ingin bunuh diri, kehilangan motivasi, dan kehilangan semangat, (4) gejala fisik, dimana tokoh ayah menunjukkan perilaku mudah lelah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Tatik Mariyatut Tasnimah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Psikologi Sastra, Gejala Depresi, Teori Kognitif Aaron Beck
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2024 12:02
Last Modified: 03 Jan 2024 12:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum