AL SIRA' AL IJTIMA'IY FI NASS AL MASRAHIYYAH "SIRRU AL MUNTAHIRAH" LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH FI AL AL SIRA' AL IJTIMA'IY 'INDA LEWIS ALFARID COSER)

Muhammad Hussaini, NIM.: 18101010011 (2022) AL SIRA' AL IJTIMA'IY FI NASS AL MASRAHIYYAH "SIRRU AL MUNTAHIRAH" LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH FI AL AL SIRA' AL IJTIMA'IY 'INDA LEWIS ALFARID COSER). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SIRA' AL IJTIMA'IY FI NASS AL MASRAHIYYAH "SIRRU AL MUNTAHIRAH" LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH FI AL AL SIRA' AL IJTIMA'IY 'INDA LEWIS ALFARID COSER))
18101010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL SIRA' AL IJTIMA'IY FI NASS AL MASRAHIYYAH "SIRRU AL MUNTAHIRAH" LI TAWFIQ AL HAKIM (DIRASAH TAHLILIYYAH FI AL AL SIRA' AL IJTIMA'IY 'INDA LEWIS ALFARID COSER))
18101010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Konflik Sosial dalam Naskah Drama Sirru al-Muntahirah karya Taufik al-Hakim (Analisis Konflik Sosial Lewis A. Coser). Objek material pada penelitian ini adalah sebuah karya sastra berbentuk naskah drama yang ditulis oleh Taufik al-Hakim berjudul Sirru al-Muntahirah dan objek formalnya adalah konflik sosial. Konflik dapat muncul pada lingkup yang berbeda seperti konflik antar individu, antar kelompok hingga antar negara. Setiap lingkup memiliki latar belakang dan arah perkembangannya. Umumnya, manusia pada dasarnya memiliki sejarah konflik dalam lingkup perorangan hingga antarnegara. Pengelolaan konflik secara bijak akan mempengaruhi proses sosial dan bersifat konstruktif bagi perubahan sosial masyarakat dan tidak menghadirkan kekerasan. Jelasnya, semua ini masuk dalam ranah sosiologi konflik. Teori konflik yang dikembangkan oleh Lewis A. Coser yaitu membedakan konflik menjadi dua jenis yaitu konflik realistis dan non realistis. Selain membagi konflik menjadi dua bagian, Lewis A. Coser menngembangkan teori konflik dengan membahas tentang permusuhan dalam hubungan-hubungan sosial yang intim, fungsionalitas konflik, serta berbagai kondisi yang mempengaruhi konflik dengan kelompok luar dan struktur kelompok sosial.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan berbagai konflik dan fungsi positif konflik yang ada di naskah drama tersebut. Penelitian yang berbentuk kualitatif deskriptif ini dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Penelaahan dan penganalisisan data dari naskah drama Sirru al-Muntahirah digarap sesuai dengan penerapan teori konflik sosial Lewis A. Coser. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa konflik yang terjadi dalam naskah drama tersebut terdiri atas konflik realistis dan non realistis. Adapun untuk konflik realistis terbagi lagi atas dua konsep yaitu hostile feelings dan hostile behaviour. Konflik hostile feelings hanya berpusat pada satu orang sedangkan hostile behaviour melibatkan dua orang atau lebih. Selain itu terungkap juga sebuah konflik yang mengandung fungsi positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag M.Si
Uncontrolled Keywords: Sirru al-Muntahirah, Taufik al-Hakim, Konflik Sosial, Sosiologi
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2024 12:10
Last Modified: 03 Jan 2024 12:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum