SYAKHSHIYYATU SAMIR FI AL-QISSHAH AL-QASHIRAH “AL- JARIMATU AL-UZMATU" FI MUQTATHAFAT MAUTU MA'ALI AL-WAZIRI SABIQAN LI NAWAL AL-SA'DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH ADABIYYAH LI CARL GUSTAV JUNG).

Fikriyah Situmenag, NIM.: 18101010057 (2022) SYAKHSHIYYATU SAMIR FI AL-QISSHAH AL-QASHIRAH “AL- JARIMATU AL-UZMATU" FI MUQTATHAFAT MAUTU MA'ALI AL-WAZIRI SABIQAN LI NAWAL AL-SA'DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH ADABIYYAH LI CARL GUSTAV JUNG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SYAKHSHIYYATU SAMIR FI AL-QISSHAH AL-QASHIRAH “AL- JARĪMATU AL-„UẒMATU” FI MUQTATHAFAT MAUTU MA„ĀLI AL-WAZĪRI SĀBIQAN LI NAWAL AL-SA‟DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH ADABIYYAH LI CARL GUSTAV JUNG).)
18101010057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SYAKHSHIYYATU SAMIR FI AL-QISSHAH AL-QASHIRAH “AL- JARĪMATU AL-„UẒMATU” FI MUQTATHAFAT MAUTU MA„ĀLI AL-WAZĪRI SĀBIQAN LI NAWAL AL-SA‟DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH SIKULUJIYYAH ADABIYYAH LI CARL GUSTAV JUNG).)
18101010057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul Syakhshiyyatu Samir fi al-Qisshah al-Qashirah “Al- Jarīmatu Al-„Uẓmatu” fi muqtathafat Mautu Ma„Āli Al-Wazīri Sābiqan li Nawal al-Sa‟dawiy (Dirasah Tahliliyyah Sikulujiyyah Adabiyyah li Carl Gustav Jung). Skripsi ini menyajikan analisis kepribadian tokoh bernama Samir dalam cerpen “Al-Jarimatu Al-„Uẓmatu”. Cerpen ini menceritakan tentang gambaran hubungan antara konflik sosial dan psikologi tokoh yang rumit seorang anak lakilaki bernama Samir. Peneliti akan menjawab dua rumusan maslah, yaitu kepribadian tokoh Samir dan tipe kepribadiannya. Teori yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teori kepribadian Carl Gustav Jung. Teori ini terdiri dari kesadaran (Conscious), ketidaksadaran pribadi (personal unconscious) dan ketidaksadaran kolektif (collective unconscious). Dalam teori ini juga terdapat tipe-tipe kepribadian untuk menentukan manusia menjadi ekstraver dan introvers. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif karena data yang digunakan berbentuk verbal. Dan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif eksplanatif, yaitu penelitian kualitatif yang menggambarkan secara rinci mengenai keadaan subjek yang diteliti, kemudian menggambarkan pola hubungan antar kategori yang ditemukan dengan teori kepribadian Carl Gustav Jung. Hasil analisis psikologi dengan menggunakan teori kepribadian Carl Gustav Jung menunjukkan bahwa tokoh Samir dalam cerpen Al-Jarīmatu Al- „Uẓmatu berdasarkan tingkatan kesadaran adalah seorang yang memiliki fungsi jiwa perasaan dan sikap jiwa introvers. Dalam tingkatan ketidaksadaran pribadi Samir memiliki pengalaman melihat kejadian buruk sehingga mempengaruhi kepribadiannya di masa mendatang. Dalam tingkatan ketidaksadaran kolektif tokoh Samir memiliki arketip pada kepribadiannya, yaitu persona, shadow, animus dan self. Berdasarkan tipe kepribadian, Samir memiliki tipe perasa- Introvers

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag M.Si
Uncontrolled Keywords: Al-Jarimatu Al-'Uẓmatu, Psikolog Sastra, Carl Gustav Jung
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jan 2024 13:50
Last Modified: 03 Jan 2024 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum