FAKTOR PENENTU PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KASONGAN, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muh. Faiq Septian Firdaus, NIM.: 17108010066 (2023) FAKTOR PENENTU PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KASONGAN, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR PENENTU PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KASONGAN, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17108010066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR PENENTU PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH (UKM) DI KASONGAN, KAB. BANTUL, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17108010066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berperan sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan negara. Namun pandemi Covid-19 menyebabkan keterpurukan yang parah pada UKM di seluruh tanah air, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemerintah Yogyakarta menyadari pentingnya UKM, melakukan evaluasi ekstensif untuk menghidupkan dan meningkatkan kembali eskistensi UKM. Penelitian ini berfokus pada karakteristik manajer, karakteristik perusahaan, teknologi dan informasi, akses permodalan, dan legalitas usaha sebagai faktor kunci yang mempengaruhi UKM di Kasongan. Lokasi ini dipilih karena sifatnya yang mewakili UKM di Yogyakarta, dengan pangsa pasar yang besar baik di tingkat lokal maupun global. Peneliti menggunakan 100 responden yang merupakan pelaku UKM di Kasongan dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Selain itu Structural Equation Modelling (SEM) digunakan untuk menjawab hipotesis penelitan ini. Adapun hasil penelitian ini ialah karakteristik perusahaan yang baik, teknologi dan informasi yang mendukung, akses modal yang relatif mudah, dan perhatian legalitas usaha adalah Faktor Penenetu Perkembangan UKM di Kasongan. Menariknya, penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik manajer, termasuk usia, jenis kelamin, pendidikan, motivasi, dan pengalaman, tidak berdampak signifikan terhadap perkembangan UKM di Kasongan. Hasil ini menyajikan wawasan baru bagi para peneliti, menyoroti bahwa karakteristik manajer bukanlah penentu utama untuk meningkatkan UKM di Kasongan, Bantul, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Achmad Nurdany, S.E.I., S.E., M.E.K.
Uncontrolled Keywords: modal, perkembangan UKM, Kasongan
Subjects: Ekonomi > Mikroekonomi
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:55
Last Modified: 11 Jan 2024 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/62816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum